Ketika Aku (hampir) Putus Asa…

25 01 2008
Masih tertinggal sisa-sisa kekecewaanku, entah kenapa masih tersisa dalam hatiku. Kekecewaan seperti yang aku tuturkan di postingan sebelumnya [lihat aja postingan terkait disini]
Kenyataan yang terjadi saat ini tak seperti yang aku harapkan, aku masih belum bisa menerima semuanya. Semalam (mungkin) sebagai puncak dengan peristiwa ini, aku menyiksa diri sendiri.
Hari Kamis (24-Jan-08) sejak Maghrib ponselku sengaja aku matikan, kamar kos aku kunci dari dalam, aku gak pengen diganggu oleh apapun dan siapapun. Aku pengen menenangkan diri sejenak, tapi yang kudapat malah kejadian yang benar-benar diluar kontrolku, aku duduk bersandar di tembok dalam kamar, entah kenapa aku membenturkan kepala bagian belakangku ke tembok, beberapa kali, lagi dan lagi. Aku gak tau kok melakukan hal ini, yang jelas aku benar-benar (hampir) putus asa.
Tangan kiriku aku pukulkan ke kayu (patahan meja komputer), hasilnya jari-jari tangan kiriku sekarang malah aku perban seadanya, aku plester dengan Hansaplast berulang-ulang (karena memang lukanya besar dan panjang). Untunglah saat itu gak ada baygon, pisau atau tali, bisa-bisa aku bunuh diri.
Aku tak mengira bisa berbuat senekad ini, aku sangat frustasi, gara-gara 2 mata kuliah yang mengulang trus dapat D lagi (jadi terpaksa ngulang lagi) padahal aku yakin aku bisa menjawab soal-soal UAS kemarin.
Gak terasa, jam 12an aku kembali sadar, masih terasa detak jantungku, aku masih hidup dan Alhamdulillah tak jadi bunuh diri. Aku terus memejamkan mata, tapi tak sanggup, sarat pikiranku masih tersita oleh nilai-nilai mata kuliah tersebut. Aku sebenarnya tak ingin menangis, tapi entah kenapa air mata ini meleleh dari pelupuk mataku, aku hampir tak kuat menerima kenyataan ini, aku bingung, tak ada teman untuk curahan hati, aku tak sanggup. Masalah ini membuatku tak bisa tidur, hingga akhirnya jam3 dini hari aku terlelap dalam ketenangan yang sementara ini. Aku dibangunkan oleh miskol Fitri jam setengah enam pagi, sholat shubuh dan terlelap kembali, kondisiku capek banget, pikiran dan fisik.
Aku berusaha untuk bangkit, aku coba cari hiburan, mendengarkan lagu-lagu tapi tetep aja tak membuatku sumringah, aku coba memutar rekaman 4 mata, komedian kelas Tukul Arwana tak mampu membuatku menyunggingkan senyum yang mengembang, Film Power Rangers yang jadi kesukaanku kini tak ada nilainya jika dibandingkan dengan kenyataan yang aku hadapi, akhirnya aku pergi ke kampus bertemu teman-teman, aku ingin mencairkan suasana di sana, tapi tetap aja gak bisa. Aku juga udah berusaha melobby Dosen dan konfirmasi nilai, tapi ya hasilnya tetep Nihil! Aku makin bingung, stress berat, aku merasa orang paling bodoh sedunia.
Memang inilah siklus hidupuku, tak perlu ditiru, ambil baiknya aja, yang jelas saat ini aku benar-benar frustasi, bingung, stress dan pikiranku sumpek. Aku coba untuk bersabar, tapi entah kenapa emosi lebih besar dari kesabaranku, aku sangat emosional, sifat tempramenku kambuh lagi. Kata teman-temanku ini adalah ujian dari Allah SWT,
Aku coba cari solusi hal ini dengan browsing internet search: ”sabar”, hasilnya tak ada kata-kata yang sreg di hati, setan udah menguasaiku, emosiku tetep berkecamuk. Akhirnya aku coba untuk berpikir positif, mengambil hikmahnya saja… segala bentuk cobaan dan ujian aku coba untuk relakan, asal Allah masih sayang padaku, seperti yang lirik berikut yang membuat aku kembali bangkit dan yakin bahwa Allah tak akan memberi ujian dan cobaan diluar kemampuan kita. Coba simak lirik lagu Novia Kolopaking berikut ini…Duka derita, duka laraku di dunia
Tidaklah aku sesali juga tak akan aku tangisi
Sesakit apapun yang kurasakan dalam hidupku
Semoga tak membuatku kehilangan cermin jiwaku
Andaikan dunia mengusir aku dari bumiNya
Tak akan aku merintih, juga tak akan aku menangis
Ketidakadilan yang ditimpakan oleh manusia
Bukanlah alasan bagiku untuk membalasnya
Asalkan karena itu Tuhan menjadi sayang padaku
Segala kehendakNya menjadi surga bagi cintaku
Bukanlah apa kata manusia yan kuikuti
Tetapi pandangan Allah Tuhanku yang kutakuti
Ada tiadaku semata-mata milikNya jua
Ada tiadaku semata-mata milikNya jua

Aku coba untuk sadar, sadar dan sadar. Selalu berusaha mengambil hikmah dan bersikap dewasa. Yang Allah lihat adalah usaha, bukan hasil akhir. Sejelek apapun kenyataan yang hadapi, itulah yang terbaik yang Allah berikan kepadaku. Sms teman-teman bikin aku makin semangat, Ada Berry yang ngajak aku refreshing dengan maen di Lab dan maen2 sama teman2 yang lain. Nita yang terus kasih semangat dan menyuruh aku bersabar. Fitri yang paling perhatian dengan mentraktir aku di Masakan Padang dan paling awal menyuruhku untuk tetap bersabar. Tessandria yang menyuruhku untuk sabar, ikhlas, tawakkal dan ikhtiar. Cicik yang selalu kasih semangat dan bilang Allah memberikan kita yang terbaik asal kita berusaha untuk jadi yang terbaik. Jule yang bilang Allah tidaka akan memberi cobaan diluar kemampuan kita. Mas Maman yang bilang jadikan cobaan ini sebagai ladang amal dan terus bermujahadah. Dina dan Lea seperti biasa ngajak aku internetan. Andi yang ngajak aku ke kantor Cak Kus di Ngagel, Dan semuanya… Makasih juga buat bapak dosen yang terkait dengan masalah ini, dengan ini aku kembali belajar untuk lebih dewasa :) buat pembaca, masi dibuka sarnnya lho, kasih comment aja… makasih

”.… Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui [Al Baqarah : 216]”

Aksi

Information

41 responses

27 01 2008
erander

Subhanallah .. dulu, saya pernah mengalami apa yang Hasan alami ketika saya baru menjalani kuliah semester pertama. Nilai ujian pertama saya mendapat nilai D. Bayangkan .. saya anak baru dan tentu-nya berharap nilai pertama yang keluar minimal C .. hal ini membuat saya shock. Teman2 ku juga merasa tidak percaya dengan nilai yang ku peroleh saat itu. Karena mereka rata2 mendapat nilai B dan kami merupakan satu kelompok belajar.

Reaksi-ku saat itu lemas. Tapi ga lama. Beberapa menit kemudian, aku sadar, mungkin ini bukan jalan hidup ku untuk kuliah. Karena aku yakin .. kegagalan tidak harus membuat hidupku rusak. Kemudian aku berdoa pada Allah .. “Ya Allah, jika apa yang aku lewati ini akan berakibat buruk pada ku, gagal kanlah. Dan bila akan mendatangkan manfaat buat ku, mudah kan lah.”

Setelah itu .. aku pasrah dengan apapun hasil ujian2 yang lainnya. Karena aku berpikir. Aku sudah berusaha maksimal, jika Allah berkehendak lain, tentu segalanya mungkin.

Ternyata .. teman2 ku tidak tinggal diam. Mereka menghubungi bagian akademik dan menanyakan nilai ku. Tiba2 .. salah satu dari mereka mengabarkan ku bahwa nilai ku sebenarnya C bukan D, karena dari bagian akademik, nilai absensi ku belum masuk. Akhirnya, aku mengurus kartu absensi ku. Dan alhamdulillah, nilai yang tadinya D berubah menjadi C.

Perubahan itu karena aku pasrah dan ikhlas menerima pemberian Allah. Aku akan ikuti apapun yang Allah berikan kepada ku walaupun aku merasakan itu jelek buat ku. Seperti yang Hasan kutip dalam surat Al Baqarah di atas.

Oya .. topik ini akan saya posting besok dan menjadikan postingan Hasan sebagai ilustrasi. Saya ingin menggabungkan pengalaman Hasan dan Saya ketika menghadapi kegagalan. Moga2 Hasan tidak berkeberatan kalo kisah ini saya tulis. Boleh ya San .. minimal untuk kita sharing dan semoga bermanfaat buat teman2 yang lainnya.

Tetap semangat ya sobat. Jika kamu ingin curhat .. kirim email ke saya .. Insya Allah .. akan saya sediakan waktu untuk membaca dan mengomentarinya. Saya ga ingin kamu memilih bunuh diri. Karena kalau saya tahu dan saya biarkan, saya nanti ikut berdosa. Karena tidak menolong sesama manusia. Ok.

28 01 2008
izkia_smile

wuih gila,,
sebagai salah satu pembaca setia blog lo, gw gak nyangka banget lo bakal kayak gini,,.,…tadinya gw berpikiran lo orang yang tangguh dan bisa ngasih inspirasi buat banyak orang tapi ternyata lo bisa jatuh juga
yang lo hadapin itu harusnya bisa jadi pembelajaran buat lo,.,. bukan malah bikin lo putus asa
dulu gw pernah ngalamin hal yang lebih parah dari lo
gw berasal dari keluarga yang cukup ada, kami hidup bahagia tapi karena keadaan ekonomi yang kacau keluarga gw kena imbasnya,usaha bokap gw bangkrut dan kita harus pindah rumah coba lo bayangin kita dulu tinggal di rumah besar dan di pusat kota tiba2 harus pindah ke rumah kecil dan di pinggir kota, gw harus kuliah malam dan ambil keputusan buat cari kerja, adik gw yang kecil terpaksa nganggur untuk ga kuliah satu tahun karena gw ada biaya,gw coba cari kerja tapi selalu gagal

waktu itu gw sempat depresi, dan berfikir apa benar Allah itu ada? kalau Allah sayang ama gw, kenapa semua jadi kayak gini, gw gelap mata dan mutusin untuk ga mau berdoa, gw depresi dan ga percaya sama apapun yang ada di dunia ini

tapi kemudian gw sadar kalau gw salah bukankah Allah bilang kita gak akan di bilang beriman kalau kita belum di coba, bukankah setelah kesulitan itu pasti ada kemudahan,dan satu yang percaya Allah akan kasih gw yang terbaik

gw gak mau depresi kayak gini lagi, gw bangkit, gw berusaha untuk jadi lebih baik lagi, dan gw kembali percaya kalau gw bakal dapat yang terbaik, dan Alhamdulillah semua itu benar perlahan gw dan keluarga dapat menerima ini semua, gw dapat kerja, kakak gw juga, adik gw setelah akhirnya mutusin untuk ikut bimbel spmb dan lolos unpad secara perlahan semuanya udah jadi lebih baik ,,,,

akhirnya gw percaya kalau Allah sayang sama gw,
lo juga harus kayak gitu SEMANGAT y,,,,
walaupun gw gak kenal lo
tapi gw bisa ngerasain apa yang lo rasa
cayo pak bangkit dan jangan nyerah

btw… kita bisa jadi temen kok email gw : izkia_smile@yahoo.com

28 01 2008
Go_Nen!

hasan….aku tahu, aku bukan yang pertama bilang “sabar ya..” tapi akan tetap kukatakan…”sabar ya…”.
semester 5 kemaren, aku nggak bisa ikut ujian praktek satu mata kuliah karena sakit. aku berusaha melobi dosen buat ujian susulan. dosennya bilang ini bukan wewenangnya. karena bahan2 praktikum dibiayai fakultas, alhasil aku harus menghadap ketua jurusan dan wakil dekan II.
Dan hasilnya…apapun alasanya aku dianggap gagal di matkul ini. bisa dipastikan di KHS ada nila E, bukannya C atau D. ya, satu2nya nila E yang pernah kualami. aku juga merasa ceroboh karna tidak menjaga kesehatan waktu ujian. Dulu aku meratap dan menyalahkan diri sendiri.
TAPI SEKARANG…aku dengan bangga mengatakan aku bersyukur telah mengalami hal itu. sekarang aku mengulang praktikum matkul tsb di semester ini…..dan aku merasa lebih pintar dari sebelumnya, aku lebih bisa menerima diriku……setidaknya aku cukup berani menghadapi dan terutama beradu argumen dengan petinggi fakultas, walaupun aku harus gagal. tapi, aku tahu kegagalan ini adalah sebuah batu loncatan buatku lebih tangguh…
“Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan…” karena itu keep spirit my friend!
o, ya…yg bikin aku bangkit
1. baca buku berpikir dan berjiwa besar oleh David J Schwart
2. baca buku jadikan kegagalan sebagai batu loncatan oleh John C Maxwell
3. nonton Oprah Winfrey Show
semoga bermanfaat…!

29 01 2008
INTaN Fatimah Hizbullah

assalamualaikum wr wb,
AstaghfiruLLAH Hasan…,aku bener2 minta maaf. aku gak sangka ternyata yang kamu alami seperti itu. maafin aku. aku bener2 minta maaf San.. (T_T)
maaf banget waktu itu aku malah sempat tega2nya salah baca sms kamu.maaf banget yah San…
makasih buaangeeet sedalam-dalamnya buat temen-temen yang udah bantu Hasan untuk tetap berdiri.Makasih yah! semoga ALLAH memberikan balasan yang lebih baik untuk temen2 semua.
San, aku gak akan membela diri atas kesalahan yang aku perbuat di saat kamu menderita. tapi satu hal yang pengen kusampaikan buat kamu:
“ketika masih ada ruh dalam jasad kita, berarti kita masih mengemban tugas dariNYA. Jangan pernah sia-siakan hidup kita San. berapapun usia kita nanti, harus padat berisi dan penuh barakah.”
jangan coba bunuh diri lagi yah San…aku gak rela kamu meninggal gara2 bunuh diri.
Makasih San, kamu bener-bener buat aku nangis. aku begitu egois sehingga gak bisa merasakan penderitaan di sekitarku. aku akan belajar mengendalikan emosiku supaya gak seenaknya merasa berat dengan nasibku sendiri dan bisa melihat lingkunganku. percuma bisa nguatin diriku sendiri kalau ternyata malah nambahin derita kamu dengan smsq yang ‘seperlunya’ (yang mungkin saat itu buat kamu terasa “gak berperasaan”).
maaf juga buat temen2 lain yang pada saat itu (tgl 21-27 jan 08) cuma dapat sms yang “seperlunya” dariku. aku bener2 minta maaf.
sekali lagi maaf yah San.
dan terimakasih banyak.
Semoga usaha kita berbuat yang lebih manis.

29 01 2008
Hasan Seru

makasi bwt smuanya.. aku dah baekan lagi kok, hehee…
Bwt Mas Erander (mirip bgt ya ma BT = Bambang Tri Atmodjo, heeheee… becanda), Bwt Izkia (fans gue satu2nya…), Bwt Neni La Fea (aku Armando-nya… jd inget moment2 waktu 2i dulu), Bwt Intan juga.makasih buaaanggeeettt!!!

23 12 2010
ucuph

y allah mas… sampean kuliah di mana????
seperti anag2 ITS aja yang banyak stress berat… smga allah melancarkan sgala urusanmu mz.. amin

29 01 2008
tedyinblog

Hm… gw juga pernah merasakan saat-saat itu, sedikit rasa kecewa tapi banyak rasa penyesalan… waktu itu ga sangka juga kalo nilai tuh ancur banget !!!
Tapi ternyata itu bukan akhir segalanya, kalo gw saat itu menyingkapinya berfikir positif… itu artinya gw udah ditegor sama Allah ( Sang Penentu Segala ) untuk lebih serius belajarnya…
nah, sejak itu gw kurangin yang namanya maen ga penting, trus bergaul sama anak-anak yang asyik buat belajar… bis itu IP gw bisa ke angkat lagi deh… meski ga banyak.. tapi kan bisa nebus kesalahan gw waktu itu.. he… :)

29 01 2008
tedyinblog

eh iya, thanx yach dah mampir di blog-ku.. masih newbie nich jadi lom banyak konten…:) kapan-kapan mampir lagi yach… ( ajak-ajak temennya )

30 01 2008
berry

Orang2 gagal yang BERANI manatap kegagalanya dengan kepala TEGAK ,mau berusaha dan belajar, belajar dan berusaha lagi, bangkit dan bangkit lagi, adalah mereka yang telah siap menjadi dewasa dan sukses seutuhnya.

keep praying
keep trying
keep smiling

31 01 2008
Memilih berubah .. « KU LETAK KAN KATA DISINI

[...] Januari, 2008 · No Comments Aku tertegun, membaca judul postingan “Ketika Aku (hampir) Putus Asa” milik seorang yang sedang berjuang menyelesaikan kuliahnya. Ketika ku baca, aku kaget .. [...]

31 01 2008
Memilih berubah .. « Manajemen Amal

[...] berubah .. Aku tertegun, membaca judul postingan “Ketika Aku (hampir) Putus Asa” milik seorang yang sedang berjuang menyelesaikan kuliahnya. Ketika ku baca, aku kaget .. [...]

1 02 2008
hermione granger

selama engkau tidak melakukan perbuatan nista, maka apapun yang terjadi dalam hidupmu adalah yang terbaik. persoalan nilai jelek, persoalan gagal, itu adalah warna hidup. yang terpenting adalah usahamu, kesungguhanmu. buatku yang berdosa besar ini, everything is fine asal aku ga terperosok dosa lg. hati-hati ketika kita lemah, amat mudah terperosok. jangan pernah lemah. jangan pernah lemah. everything is fine selama kita msh bersamaNYA.

2 02 2008
kanghawi

ilir-ilir tandure wis sumilir, tak ijo royo-royo tak sengguh temanten anyar, cah angon, cah angon penekno blimbing kuwi, lunyu-lunyu penekna, kanggo mbasuh dodot iro…… Bangga menjadi mahasiswa D3 yang lulus 7 tahun

11 02 2008
fajar

setiap peristiwa pasti ada hikmahnya
dulu juga saya pernah putus asa gara-gara di DO dari kampusku (ITS Surabaya), waktu itu cuma mukul-mukul tembok sampe tanganku berdarah, karena saya merasa itu tidak adil untukku.
tapi seiring berjalannya waktu, saya sadar klo live is goes on…
jika cuma mengingat masa lalu, kapan majunya, kata imam Syafi’i : Lauminasyaithan…mengingat masa lalu dari Setan.

sekarang saya kuliah lebih serius meskipun di swasta dan bisa lulus mata kuliah yang membuat saya di DO (namanya Mekanika Teknik 1) serta mata kuliah lainpun bisa lulus dengan bagus

sekarang saya berprinsip kesuksesan itu tidak hanya karena gelar sarjana melulu sarjana bukanlah jaminnan, banyak contoh, Bill Gates, Thomas Alva Edison, Chrisye,mereka pernah keluar atau “dipaksa keluar” dari kampusnya dan sukses.Juga orang-orang yang belum sempat mengenyam bangku kuliah, banyak sekali yang sukses, tergantung usahanya..

sekarang yang penting bagaimana kita mengambil ibroh dari tiap peristiwa yang kita hadapi. keep fight for us

forza Islam
forza Indonesia

8 04 2010
afrian ramadhan

asalamualikum
wrb……

setiap masalah adalah hal yg mmng telah wajar di miliki manusia dan untuk mmpperbikinya bgi mn kita melihat kmbli msalh itu dan mcba bljr dri mslh itu sendri krna se buah mslh adalh pembelajaraan untuk pndwasaan dlm cara brpikir bukn untuk di hindari

30 08 2010
fajar

Sabar ya..

Aku juga ngerasa senasib. Aku pernah mengulang mata kuliah sampe 3x dan dapet D. Dan itu bukan hanya 1 mata kuliah, tapi 2 mata kuliah. Sedangkan mata kuliah yang lain max mengulang 3x. Pokoknya aku mengulang lebih dari 5 mata kuliah dalam 4 semester. Hiks hiks parah banget..

Hidupku sepertinya jadi ngambang, tapi kalo ingat Allah dan ortu kadang rasanya gak adil kalo aku harus nyerah makanya tetap bertahan walaupun sangat berat..

12 09 2010
Rudhie Ridho Ryanto

aku adalah seorang mahasiswa politehnik negri sriwijaya palembang.
kekecewaanku sangat mendalam ketika … melihat .. .. emapt mata kuliah dapet ‘D’.
padahaL . . . keadaan yang membuat ku ..begitu… sakit ..yang menyerang membuatku tidak bisa berkutik… ketika ….UAS. salaH nya , , , diriku waktu itu… tidag ,menghiraukan.. saran ….dosen pembimbing… yang menyuruk mengambil Stop aout ( pikirku.” kaLo ambil stop aou …. nunggu lagi satu tahun…bayar laGi..) yaw udah …. aku berusaha ..tetep masuk kuliah seperti buasa..walau pun penyakit cacaR stadium 5 mengerogoti …tubuh ku…) panas tinggi badanku..tak kupedulikan… wal hasil aku hanya bisa absensi . . di kampus…… terduduk diam di kelas… ..lembar ujian UAs..hanya bisa kujawab..seadanya…

BEtapa ..terkejutnya. setelah liburan selesai….Ku LihaT namaku ..tercantum di …daptar DROP OUT …mahasiswa.

bergegas aku keruangan … AKADEMIK..menghdap ketua jurusan … ketua jurusan mengatakan : daG bisa dek..nilai adek tidak mencukupi .. untukl melanjutkan kuliah disini… empat mata kuliah Mu ..dapet,D. maksimal 7 sks tidag boleh D semua.

bapak dag bisa bantu dek. soalnya itu sudah keputusan lembaga,…
gemetar kumenjawaB ; tolong lah pak ..saya jangan sampai di DROP OUT… saya mau kok kuliah mengulang dari awal lagi..saya masih mau bener bener kulia paK… saya merasa masih mampu..hanya saja waktu UAS saya …terserang sakit CACAR…jadi saya tidag bisa… menjawab soal uas dengan semaksimal mungkin.

kembaliu menjawab : saya kan sudah bilang kekamu …kenapa gak ambil stoup out saja…

saya menjawab: jadi saya udah ga bisa kuliah disini lagi ya pak…

langsung saya …..menuju tempat parkir . . saya bawa motor sekencang kencangya.. lapor sama ORtu..eh malah ortu bilang…. itulah udah di omongin belajar belajar belajar…saya sih udah ga heran kalo kamu Di DROp OuT. tingkah laku kamu selama kuliah gak sama dengan orang banyak..

ya udah … pikiran ku di saat itu udah ga keruan…. bawak anya nerawang nerawang nerawang …satu minggu penuh… ga mandi … ampe bicara sama din ding kamar… sterss dan kesurupan… tipa kali dateng …..kala aku inget lagi…kejadian itu….

kenapa ..aku merasa….. jadi sterss berat..karena aku ngerasa mampu ..kuliah disitu..aku ..bisa… hanya saja… pas semesteran aku sakit… CACAR.

27 11 2010
dhifa

aslm,
pengalaman kaka2 diatas amat sangat menggugah saya, karena kaka2 sama sekali tidak malu untuk membagi-bagi pengalaman kepada yang membuka situs web ini hanya untuk menjadikan sebagai pelajarn yang insyaallah dapat berguna bagi yang membuka situs web ini

jangan menyerah walau apapun yang terjadi
^^

29 03 2011
tiyo

tuhan kenapa disaat aqw benar” mencintai dia
dia pergi tngglkan aqw gitu ajj
apakah yg dnmakn cinta?
kenapa yg aqw rasakan hanya penyesalan
disaat aqw sayg bngth m sesorang tue?
apa salh aqw?
hingga aqw harus kehilangn dia
apakah cinta itu hanya awal dari putus asa, atau kekecewaan?
tuhan, sampai saat inie aqw masieh tk bisa bnkit dari perasaan kecewaqw
karna dia
tuhan aqw masiegh me ingnkan dia ,,,
dpatkah aqw memilikinya lagie?
tnpa harus kehilangan dia lagie?
aqw,,, gk bisa mnyayangi yg lain sepert aqw mnyayngi dia ..
kenapa dia ajari aqw tuk setia? kalau hanya untuk mmbuat aqw
takut kehilngan dia
sedankan dia bersama yg lain tanpa aqw ketahui?

17 01 2012
alfianrian

bener pas banget dri crita hidupku

4 06 2011
rio gazy

ya allh Q mhn hntkn lh siksa cinta ini
ya allh Q mhn lpa kn Q tentng rsa cnta yg menykt kn ini
jika memng sudh mnjdi tadir untuk Q maaf kn lh smua nya tntng cnta yg mnykt kn
04 juni 2011
hri yg gx mungkin trlupa kn se umur yg tersisa untuk Q
085768229700
085381030443

25 06 2011
fuji

thank’s atas sharing tentang cobaan….asal kita tetap tabah menghadapi dan menjalaninya….

15 08 2011
arfan

Nama ku arfan aku mw sedikit cerita dari pengalaman hidup ku ni,

aku baru aja mengalami keputus asaan,dimana aku harus rela ditinggal pacar aku yg aku saya yg sudah 3thn bersama qu,tp aku sadar mungkin semua itu takdir allah,tp selang beberapa hari kemudian aku mendapat masalah baru yaitu aku harus siap dikeluarkan dari pekerjaan aku yg sekaran karna aku kurang mencapai target yg di ingin kan perusahaan,padahal aku sudah berusaha semaksimal mungkin ,dan yg harusnya aku bissa kenapa malah gagal ,aku coba buat introfeksi diri aku mungkin masih ada yg salah dari diri aku,dan sehari berikutnya aku mendapat kesempatan lg tp tetep hasilnya pun ga seperti yg aku bayangin ,
Skarang aku lg terbaring lesu di kamar sendiri aku ga tau apa yg mesti aku lakuin aku malu,malu karna aku ga berguna,

15 08 2011
hasanjunaidi

Be strong kak,

aku nggak tau juga harus ngapain, namun percayakan bahwa semuanya akan baik-baik saja, itu semua tergantung dari kita yang harus tetap bangkit dari permasalahan ini

20 09 2011
Tanah Lot Bali

hidup memang penuh cobaan..
kadang kita merasa tidak sanggup untuk menghadapinya,
seberat apapun cobaan itu kita tetap harus melanjutkan hidup ini .

4 10 2011
izharwinchester

subhanallah’y
sesuatu.
^_^

5 10 2011
samuel

knpa stlah dia sudah kerja n jarak kami pun jauh, dia menjadi brsifat angkuh trhadap q.. menyepelekan aq, tidak menghargai q sebagai pacarnya.. seolah2 dia sudah melupakan kenangan sewaktu kami jumpa..
dia tidak seperti yg q knal lagi.. smua upaya yg baik sudah q lakukan utk membuat perasaan cinta dia brtambah utk q disaat kami nnti jauh.. tapi knp saat dia jauh, keadaan mnjadi semakin renggang.. terkadang q berpikir, apa kebaikan trhadap seseorang yg kita lakukan trkadang yg kta terima mnyakitkan ….
ya Tuhan, bantu saya ya Tuhan… q yakin engkau sllu beserta dgn hubungan kmi..
mungkin inilah resiko yg harus saya terima, berpacaran dgn org yg sudah pernah pacaran.. saya yakin, klu saya cinta pertamanya, psti akan diperjuangkannya…
jantung saya berdetak kuat krn merasakan perasaan terpukul krn sifatnya… tidur saya sllu gelisah, pikiran kacau.. sungguh, baru x ini saya rasakan sprti ini..
padahal saya sllu berusaha mlakukan yg trbaik utk dia.. sllu mengabarinya, sllu menasehatinya………
tpi knpa dia brsifat sprti ini ya.. Tuhan….. trhadap saya……………………………………………….

9 11 2011
hari

apa yg teman2 alami dapt jd pelajaran buat kita semua yg membacanya. sangat bermanfaat….

9 12 2011
Afrilya Chayank Mhamha Zlalu

benar sekali bisa berbagi pngalam dan kita ambil sisi positif ny….
mudah_mudahan kita bisa melewati maslah kita amin ^*

17 01 2012
alfianrian

pas banget tuh crita saya banget

4 02 2012
cewek padang

aku juga merasakan apa yang kamu rasakan saat ini..aku sangat kehilangan jati diri ku…padahal aku udah brusaha dalm perkuliahan ku ini..aku sudah ngak tahan lagi dengan smua ini.teman curhat pun tak punya..sedangkan desakan dari kluarga ku begitu besar agar aku bisa mendapatkan nilai yang bagus.,padahal aku sudah berusaha..aku putus asa..aku ngak tau harus berbuat apa..apa pun yang ku lakukan serasa ngak nyaman.aku bosan..ingin rasanya aku eninggalkan smua ini.untuk apa aku seperti ini..tak ada yang tau apa yang ku rasakan.mereka hanya bisa bicara,tapi tak merasakan apa yang ku rasakan..apa yang ku perjuangkan selama ini…sumpah aku ngak tau….

9 02 2012
rafli

adakah keadilandidunia ini

17 02 2012
lina

pasti… alloh maha adil

17 02 2012
lina

sabar dan tawakal ya sahabat!!!

18 02 2012
Caraku Onani

bersyukurlah mas, kamu bisa melewatinya, dan minimal sekarang kmu sudah berpengalaman dg hal2 smacam itu. berbeda dengan aku sekarang. (http://caraku-onani.blogspot.com/) blog inilah satu2nya teman saya sekarang..
Salam,,,

22 02 2012
Melvin s p

ternyata kita cukup sabar dn yakin bawa semua akan indah pada waktunya…
walau sangat amat sulit untuk jalanin semua ,apa lagi saat kita di bawahh

19 04 2012
Deni

Gua mirip sperti crita derita lo bang ! Gua salut & gua akan coba sara lo ,, makasih atas info nya bang ,,

27 05 2012
armand casanova

Aku jg sebenarnya kalau mau di bilang putus asa ,,,,,,,,,,,,,betapa jalan hidup ini sungguh tdk aku mengerti,,,,,,,,,,,,,,,kehilangan pekerjaan,,,,,,,adalah sebuah peristiwa yg sempat membuatku putus asa ,,,,,,,,,tp,,,,,,,,,,,sy selalu yakin dan percaya,,,,,,,bahwa apa yg kita jalani dan apapun yang kita lalui saat ini,,,,,baik ataupun buruk,,,,,nikmat ataupun tdk nikmat,,,,kita harus bersyukur,,,,,,,karena kita harus percaya,,,,,,,apapun yg kita lalui ,,,,,,,,itulah yg terbaik di hadapan ALLAH S.W.T……….ingat bahwa Allah tdk pernah memberi cobaan pd kita diluar batas kemampuan kita ……dan kita hamba Allah harus bertawakkal hanya pd Allah S.W.T

9 07 2012
Rahmi Izzati Putri

Subhanallah, benar-benar menginspirasi.. Terima kasih, Mas Hasan.
Artikel ini bermanfaat sekali buat saya yang sedang galau…

24 09 2012
reza

Iseng-iseng nyari tentang “sabar” sy dapat blog ini, sy benar2 putus asa sekarang, tahun ini benar2 tahun yg berat bagi sy, brantem sm ibu tiri, sampe harus pergi dari rumah, sakit radang paru2 smpe masalah2 lainnya yg sy alami…mau mengadu tp sama siapa? sy termasuk anak yg rajin ibadah, dan sangat menjauhi perbuatan nista..tp Allah mmberikan sy cobaan sperti ini..sakit rasanya :(

29 09 2012
cakra

numpang curhat ya sahabat semua ,, namaku cakra ,.. aku seorang yg cacat fisik krng inii lainn dengan dulu,,, aku sangat putus asa sekali malam ini ,, karna wanita yg aku anggap sebagai dewi fortunaku mengabaikan aku ,, tidak menghiraukan aku lagi karna kecemburuan butanya ..hubungan kami sangat romantis sebelum ada pihak ke 3 ,.. (mantanku) yg selalu menjadi batu sandungan dalam hubungan kami,.. dn pada akhirnya hubungan kami pupus, tinggalahh aku yg cacat sekarang ini merenungi nasibb , yg terlanjur menyakitkan ini,.. aku mantan BIN , yg mengundurkan diri ,, yg katanya pekerjaanku sangat membahayakan diri,.demi seorang pujaan aku rela ,, melepaskan pekerjaanku ,…sampailah aku menjadi cacat sekarang ini juga karna pacarku,, tapi akhirnya pacarku meninggalkan ku begitu aja ,, rasanya pengen mati tapi takut ,, takut akan dosa ,.. ya tuhan aku harus bagaimana menghadapi kebingunganku ini ,..

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.403 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: