“Mau Sholat Kok Gitu Se?” : Sebuah Teguran Sebelum Sholat Ashar

17 03 2007

Kamis, 15-03-07, kepenatan mulai terasa, bagaimana enggak, presentasi praktikum dimarahi sama Dosen, katanya percobaan kita kurang, tak mencantumkan laju reaksi, dan kelompokku divonis sebagai orang yang tak bisa berpikir ilmiah, hehe9x… whateverlah. So sorenya lega banget setelah menjalani proses tersebut.

San, sholat yuk di Masjid Manarul?” Ajak Iin, sahabatku, aneh aja kok tiba-tiba dia ngajak aku sholat, di Masjid lagi

Ayuk, sekarang?bentar lagi ya? Aku mau ke Lab Komp, cek email, lagipula masih ½ 3, blom masuk waktu Ashar…” jawabku

Yup setelah itu, aku dan Iin berjalan ke Masjid Manarul. Biasalah yang namanya sahabat selalu bergurau apa adanya, walaupun kita beda gender tapi hubungan kami erat banget.

Dari kejauhan Intan dan Singgih menyapaku

San… mau kemana?” teriak Intan

Masjid, sholat dulu…” kataku agak keras, tanganku menunjuk kea rah Masjid

Ntar jangan lupa buka webblogs kamu ya?” teriak Intan lagi

Aku hanya mengacungkan jempol, tanda mengiyakan

Aku kemudian berjalan menyerondol – menyeruduk – menggeser-geser (atau apalah namanya) Iin, bermaksud menyerondol agar Iin masuk ke got yang tepat di samping kami, maksudnya sih becanda, tak ada maksud lain

Iin ternyata sewot, marah-marah

Uhh.. kamu apa-apaan sih, San?” kata dia sebel

Gak papa, agar kamu masuk got ae, haha…” kataku sambil terus mendorong gar Iin masuk ke got

He… Mau Sholat kok gitu Sih?” Suara dari belakang

Aku terdiam, menghentikan langkahku sejenak, kemudian orang yang begitu aku hormati, begitu aku kagumi berjalan melewati kita berdua

Yup, tak aku sangka, ternyata yang menegurku tadi adalah Ketua Jurusan-ku, Bapak Triwikantoro, dan sekaligus ketua TPKI (Tim Pembina Kerohanian Islam) ITS.

Sebuah kalimat ringan, tapi sangat menyentuh, begitu dalam maknanya. Teguran Bapak Triwikantoro tak hanya sekedar teguran belaka, tapi penuh makna. Mungkin hanya aku dan Iin saja yang dapat memaknai kalimat itu, ini sebuah teguran dari ALLAH SWT yang disampaikan lewat Bapak Triwikantoro. Sekali lagi, aku sangat malu dan menyesal, tapi itulah, aku ambil hikmahnya saja. Sebelum sholat hendaknya membersihkan dan mensucikan diri, lahir dan batin.

***

Cerita belum selesai, sepulang sholat aku dan Iin melewati jalan yang sama, aku bermaksud mengklarifikasi kejadian itu pada Iin

In, tadi aku Cuma bercanda lho, aku sebenarnya pengen ngejatuhin kamu di got” penjelasanku pada Iin

iya aku ngerti, aku tau kok maksud kamu, mangkanya tadi aku agak sewot karena tau kalu di belakang kita ada Pak Tri” jawab Iin

Aku melihat Pak Tri berjalan bersama kami lagi dari belakang, tapi Iin tidak mengetahuinya

kamu tuh San, beraninya gitu, coba yang digituin Pak Tri… Pak Tri pasti ngerti maksudmu melakukan tadi.. kamu tuh berani ngomong gini kalu gak ada Pak Tri..” kata Iin lagi dengan polosnya, tanpa mengetahui kalau sebenarnya Pak Tri ada di belakangnya

Aku sudah mencoba berusaha memberi tahu Iin kalau Pak Tri ada dibelakang kita, tapi Iin gak ngerti kode-kodeku

Apa? Mau ceburin lagi? Kamu itu beraninya kalau gak ada Pak Tri” kata Iin sekali lagi

Aku hanya bisa menahan tawa, malu, dan sungguh sangat malu.

Kepada Pak Triwikantoro, mohon maaf banget atas kejadian waktu itu… maaf ya, Pak? Nasehat Bapak sungguh sangat berarti bagiku


Aksi

Information

4 responses

21 03 2007
Intan

???????????????????????????????????????????????
Kagak kapok2nye ni abang bikin ulah bego..
mangkenye Bang, menurut aye justru karena beda gender abang musti jaga itu tuh…ape ye istilahnye?(abang pasti lebih senior dari aye klo soal beginian)
mmaaappin b4!

27 03 2007
youphi..

HHhhh………….. Capek dch!!! Tmen akrabnya kq cewek smua ya!!! Ati2 lho. Bukan masalah kholwat ato apa. Tapi ati2 klo ntar antum jd ktularan feminin. Pke rok gt..He6x….=p

27 03 2007
Hasan

kata siapa temen akrab aku cewek smua?ye… kalau temen akraku cewek smua, brarti antum juga ngerasa cewek dong?? jadi bloggers gk takut di kritik, makasi sarannya

12 06 2008
l5155st

Assalamu’alaikum…

memang kita ini harus banyak ta’lim kok. Biar kita tidak melakukan tindakan tidak etis. Apalagi pada wanita, wah antum ini…

http://fitrahfitri.wordpress.com

ya udah, monggo akhi…

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: