ESQ : Sebuah Perjalanan Spiritual

19 09 2007

Entah kenapa aku kok tiba-tiba ingin menulis pengalaman yang “mengubah hidupku” ini… memang saya hanay sepintas menjelaskan pengalaman spiritual di oleh-oleh dari Training ESQ, tapi inilah cerita lebih detailnya…

 

Hari selasa pagi, ketika itu quis Termodinamika, aku agak terganggu ketika ada sms masuk ke ponselku, Oh ternyata dari Mas Fauzan, Menteriku di PengMas BEM ITS 2005 – 2006, kira-kira seperti inilah sms itu,

Aslm. San km bs jd panitia ESQ, Keg-ny 2 minggu lg, kl iya ntar briefing dgn Indra PSDM di Rektorat jm12.00. usahakn jgn telat”

Karena sibuk dengan pergulatan dengan Termodinamika (hiperbolis bgt dah..) langsung aku iyakan aja, tanpa pikir panjang….

Sejak itulah, rapat dimulai, frekuensinya sering banget, hampir menyita waktu. “ini adalah kegiatan besar, dan pertama di ITS, jadi persiapan kudu matang” pesan salah seorang panitia dari dosen.

Sejak itu, sejak pengumuman publikasi ESQ In House Angkatan I ITS akan diadakan, banyak sms masuk ke temanku yang contact person, Lia. Mereka yang sms kebanyakan menawarkan bantuan, aku sampai gak habis pikir, “training macam apa ini?”, toh waktu itu yang aku ikuti adalah pelatihan LKMM, jadi bayanganku Training ESQ ya gak jauh-jauh dari LKMM.

Mendekati hari H, aku dan teman-teman panitia mahasiswa yang diambil dari perwakilan BEM ITS sangat sibuk, mulai mengecat sterofoam yang putih jadi hitam, beli kain hitam, beli lakban hitam, serba hitam dah. Dan begitulah, GOR ITS, kaca-kacanya kini ditutupi dengan sterofoam hitam, manjat-manjat, pokoknya celah udara diusahakan gak boleh masuk, pintu depanpun didesain sedemikian rupa agar cahaya gak langsung masuk ketika pintu dibuka, pertanyaanku semakin besar, “pelatihan macam apa ini?sebegitunya butuh konsertasikah?”.

Surprise, kebijakan panitia dosen, ada sedikit ”ucapan terima kasih” dari panitia dosen kepada panitia mahasiswa, kita boleh milih, mau buat kaos panitia ESQ atau Ikut Training ESQ. Karena merasa penasaran, kamipun rela gak buat kaos panitia ESQ demi ikut Trainingnya lebih dulu. So, ikutan Trainig GRATIS, tanpa biaya sepeserpun!!!

Waktu Briefing, panitia dosen makin mewanti-wanti kita, bawa tissue, kesehatan dijaga, kalau kedinginana bawa jaket, ikuti penuh jangan setengah-setengah, dll. Ini membuat aku semakin penasaran.

Hari H-pun tiba

Pagi-pagi jam 6 dengan semangat penasaran aku berangkat, jemput Mida dulu, teman seangkatan yang kebetulan juga ikut. Gila… GOR ITS disulap seperti tempat dugem, sound yang sangat menggelegar, backsound Beautiful Life-nya Ace Of Base bikin kayak tempat dugem beneran, ini apa-apaan?

Sebelum masuk ruangan, dibagikan keplek oleh para ATS, ramah banget, disalami dan diantarkan sampai masuk. Dan begitulah, ramah sekali mereka…

Aku duduk di bagian depan, tapi gak paling depan sendiri, kebetulan temanku Fajar Christian juga duduk disampingku, ternyata Mas Fauzan yang sms aku dulu juga ikut, dia duduk didepanku.

Acara dimulai dengan ajang cari kenalan, yang paling banyak dapat hadiah, ternyata aku belum beriuntung, dari 200 peserta, yang isi form perkenalanku hanya belasan saja, gak apa-apalah, waktu itu pokoknya aku jaim banget dah. Kemudian Acara dibuka oleh Trainer, namanya Mas Tedy Maulana dan Mas Firdaus Djamaris. Mereka nampak konyol dan sok Pede ketika memperagakan permainan Adu perang, apalagi ketika diputarkan video Tweenies. Gilaaa, ini pelatihan apa just for fun, katanya ada nangis-nangisnya, kapan??

Perjalanan Spiritualpun dimulai…

Banyak pengalamanku disini, ketika diperlihatkan Teori Big Bang, awal mula Alam Semesta yang dari benda padat, pejal kemudian meledak dan menjadi Alam Semesta seperti sekarang, hal itu ternyata sudah dibuktikan oleh Al Quran, Subhanallah…

Yang paling bikin aku tersentuh ketika “inner journey”, perjalanan ke dalam diri kita sendiri, mereview kembali perjalanan hidup kita, terlebih dengan hadirnya sosok yang paling dekat dengan kita, yaitu Ibu. Ya, inilah yang membuat aku tersentuh, sungguh indah jika mengenangnya, Ibu yang penuh kasih sayang. Ternyata yang aku rindukan selama ini bukan fisik ibu, tapi kasih sayang ibu, dan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang adalah ALLAH SWT…

Sampai sore hari isinya “memperlihatkan” hal yang sebenarnya, membuka mata hati kita, dan Ya Allah, sungguh selama ini aku buta dengan kebesaranMU

Satu hal lagi yang bikin aku tersadarkan adealah ketika bagian Vision Principle, aku diingatkan kembali, bagaimanapun nantinya, aku akan meninggal dunia, cepat atau lambat, sudah siapkah aku dengan datangnya kematian? Astaghfirullah…

Hari kedua…

Wah, ini yang paling “seru” adalah Katarsis, Well Organized Principle. Partnerku adalah Anak Teknik Sipil 2004, namanya Faturrahman. Aku masih ingat, bagaimana takutnya waktu itu, bagaimana diriku sesungguhnya, yang aku mau, yang aku cari adalah ALLAH… bukan harta, bukan tahta, bukan pula wanita.

Itulah sebagian pengalamanku, well apapun itu, hidayah selalu dating dari ALLAH. Ada yang ikut Trainig ESQ, tapi belum mendapatkan apa-apa, sekali lagi Hiayah selalu dating dari ALLAH.

_________________________________________________________

Makasih buat rekan-rekan panitia ESQ IN House I ITS, Boy, Uki, Amron, Lia, Marji, Fathi, Faisal, Heni, Teus Mas Fauzan, Mbak Waty, Mas Indra PSDM, Pak Darmaji, Pak Husni, trus Trainer Mas Tedy Maulana dan Mas Firdaus Djamaris dan All Alumni In House ITS Angkatan I, dan yang lainnya (maaf kalo gak kesebut..)


Aksi

Information

6 responses

20 09 2007
aRuL

wah cerita yang bagus…
ini ada teman saya dari majalah NEbula-ESQ butuh cerita spiritual journey, saya ditawari, tapi saya blum bisa ngasih ke dia, masih blum terfikir.
kali2 aja kamu ada…
blognya di http://www.marcapada-puisi.blogspot.com/

okeh…
Wassalam

26 09 2007
yoe

Kak Arul ini, promosi juga, pantas saya dihubungi Hasan…hehe.. sudah kirim imel mas-nya ke saya. ditunnggu yah ceritanya. mampir juga, mas hasan ke http://www.yusako.blogspot.com. makasih. salam 165!

13 02 2008
Surprise dari Nebula ESQ « Kaizen, Kata Hati dan Inspirasi

[…] ini bermula ketika postinganku ini ditanggapi oleh Arul, trus aku dikenalkan sama Jule, manusia yang paling baik sedunia :D, yups! […]

3 06 2009
nur wawa

im from malaysia…………..
yes..aku udah ikutin esg di penang last year…abang firdaus yang bagi ceramah..memng berksan dan lain dati cramah yang pnah aku ikut dan ternya ia membuahkan hasil dan meninggalkan kesan yang amt dalam di hatiku…masyaallah….

15 11 2010
diyana afiqah

alhamdullilah sy tlah menjalani ESQ 165 angkatan ke 2 di negeri trgnu,,,dsampaikan oleh abang firdaus djamaris….sgt2 menyentuh perasaan dan kalbu sehingga berjaya MBWA ku pulang ke pada YANG MAHA PENCIPTA KU….terika kasih buat ALLAH SWT dan juga bang firdaus,,,,sungguh2 indah saat di esq…moga dpt melaluinya lagi sbagai ATS d esq kelak dan smoga dapat jmpe dgan bang firdaus sama bang zul dan smuanya lagi,,,insyaALLAH…..terima kasih YA ALLAH mengilhamkan hati ku menghadiri THE ESQ WAY 165…SMOGA HATIKU SENTIASA UNTUK MU YA ALLAH….Amin…..

21 10 2011
rahmatmuntaha

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: