Berani Beropini

Jodoh Dari Langit dan Jodoh Dari Hati

Senang ya? kalau kita bisa bertemu dengan jodoh, yang diberikan Tuhan dari langit” kata Maria

Bukan dari Langit, Maria.. tapi dari hati” Fahri nampaknya punya pendapat lain

Sungai nil dan Mesir itu jodoh, tanpa sungai nil, tak akan ada mesir, tak ada peradaban. Semua orang diciptakan dengan jodohnya masing-masing.

Itulah sekilas obrolan antara Maria dan Fahri di tepi sungai nil (dalam film, red). Inilah salah satu kalimat yang paling berkesan dalam film tersebut (selain Sabar dan Ikhlas itu Islam). Yang perlu digarisbawahi di sini adalah perbedaan persepsi datangnya jodoh. Jodoh dari Langit atau Jodoh dari Hati? ada pepatah yang mengatakan bahwa dari mata turun ke hati, ini berarti rasa cinta (bisa dikatakan jodoh) juga turun dari hati. Tapi entah gimana benarnya aku tak tau pasti

Jodoh, jodoh dan jodoh. Dalam hati kecilku pernah bertanya, siapakah jodohku? Aku begitu sensi jika diomongi hal ini. Ikhtiar tentu saja terus aku lakukan, ini demi masa depan dan meneruskan keturunan, hehee….

 

jodoh.jpg

Aku juga semakin penasaran, ketika keponakanku yang masih kelas 2 SMA bertanya padaku tentang hal ini. Begiu pula dengan Intan yang secara tiba-tiba pernah sms begini : “San, menurutmu bedanya jodoh dari langit dengan jodoh dari hati itu apa?

Waktu itu aku menjawab sekenanya aja, aku mencontohkan apa yang ada dalam novel Ayat-Ayat Cinta, menurutku kalau Fahri jadi nikah dengan Nurul, itu berarti Nurul adalah Jodoh dari hatinya Fahri. Tapi ternyata Fahri nikahnya sama Aisha, jadi bisa aku simpulkan kalau Aisha adalah jodoh dari langitnya Fahri, artinya Fahri berjodoh dengan Aisha dengan proses ta’aruf dan secara tak disangka. Tau ah, aku juga bingung kalau diajak teman-teman diskusi masalah jodoh dan menikah.

Nah, menurut kalain, bedanya jodoh dari langit dengan jodoh dari hati itu apa???

33 thoughts on “Jodoh Dari Langit dan Jodoh Dari Hati

  1. Saya tidak tahu. Saya ketemu istri saya dulu itu karena jodoh apa tidak, saya juga tidak tahu. ๐Ÿ˜›
    Ada yang bilang jodoh bisa ketemu di dunia bisa ketemu diakhirat ๐Ÿ˜€
    Yang jelas, dari mana datangnya jodoh, hanya Tuhan yang tahu โ—

  2. bingung jawabnya mas , soalnya lagi nyari juga , alias masih jomblo juga
    tapi harapannya semoga saya bisa dapat jodoh yang paling baik
    itu saja

  3. hehehe…kok aQ jd bingung sendiri ya… ๐Ÿ˜€ Bagaimana klo aQ bilang aj Jodoh dr Tuhan aj ah…hehe

  4. Kalau menurut saya, dua-duanya benar. Jodoh itu dari langit, dimaksudkan bahwa jodoh adalah sepenuhnya kuasa Allah SWT, dan jodoh dari hati, itu adalah asal proses bagaimana kita sebagai manusia untuk menemukan jodoh yang telah ditentukan oleh Allah SWT.

    Well, just my 2 cents.

    Btw .. salam kenal

  5. aduh, mudah2an jodoh dari langit ama jodoh dari hati sama..

    Allah mah tau apa yang di mau hambaNya, juga tau apa yang terbaek buat hambaNya..

    …ngomong2 di gambar, ada cowok make baju atasan putih ma celana bawahan ijo, itu ken kaya anak SMP/SMA al-azhar..!

    ____________________________________________________

    Hasan Menjawab:
    ๐Ÿ˜ฏ mirip seragam SMP/SMA Al-Azhar? iya ta? wah maap, gak sengaja en gak bermaksud untuk begitu, sumpah ini kebetulan belaka….

  6. Ketika sedang berjalan di trotoar sendirian duit ga punya perut laper..tiba-tiba menemukan selembar duit seratus ribu (ga mungkin x) /icon_lol.gif
    ๐Ÿ˜†
    Apakah itu jodoh dari langit ???

    Jodoh dari hati mungkin udah klop x yah da tau +- masing2

  7. Jadi jodoh dari hati itu cuma berasal dari keinginan hati gitu ya.

    Trus jodoh dari langit itu berasal dari takdir ya.

    Jodoh gw dari mana ya…

    ___________________________________________________

    Hasan menjawab:
    Yups, pemikiran kita sama, aku awalnya sempet mikir gitu, dan aku sekarang lagi cari jawaban yang pas dan tepat, ๐Ÿ˜€

  8. Hmm… jodoh itu semuanya dari langit… walau pun sesuai hati, ya tetap dari langit. Bener gak ? cuma pikiran sepintas..

  9. โ€œSenang ya? kalau kita bisa bertemu dengan jodoh, yang diberikan Tuhan dari langitโ€ kata Maria

    โ€œBukan dari Langit, Maria.. tapi dari hatiโ€ Fahri

    Sungai nil dan Mesir itu jodoh, tanpa sungai nil, tak akan ada mesir, tak ada peradaban. Semua orang diciptakan dengan jodohnya masing-masing………………………

    Berbicara soal konsep jodoh tidak terlepas dari taganNya..jodoh dari langit maupun dari hati pasti terdapat campur tanganNya,jadi tidak perlu di bandingkan apalagi diperdebatkan..jika ingin mengetahui arti yang hakiki dari kedua parkara diatas,silahkan masing-masing dari kita memiliki pendapat sendiri…karena menurut saya perkara diatas tidak terdefinisi…serahkan saja padaNya..seperti yang apa yang dikatakan maria pada fahri di akhir.. “Sungai nil dan Mesir itu jodoh, tanpa sungai nil, tak akan ada mesir, tak ada peradaban. Semua orang diciptakan dengan jodohnya masing-masing.”……jodoh dari langit atau hati ,yang pasti DIA telah mempersiapkannya untuk kita.

  10. Assalamualaikum….. ๐Ÿ™‚
    Mm…. bener juga. kalo jodoh dari langit, berarti Allah yang mempersiapkannya. Tapi kalo jodoh dari hati, berarti kita yang mempersiapkanya…… Padahal…., jodoh adalah Allah yang nentuin, harusnya jodoh itu adalah jodoh dari langit bukan dari hati. Tapi….. tau ah. masih anak kecil…..
    *bingun……. jadinya*

  11. Apa seh yg qt persepsikan tntg langit? ‘n apa yg qt persepsikn ttng hati??! Bknkh qt hanya sering mndgar kalimat tuhan itu diatas? atau tuhan ada di langit ataukah maha tinggi?(yg sbnarnya hanya sekedar bhs kiasan). Tapi tidakkah qt berfikir kalo Tuhan itu lebih dekat dari urat nadi qt, n tidakkah qt ketahui bhw CINTA milik ALLAH n ALLAH a/ CINTA n kemudian hati merupakan alat utk mmperoleh cinta itu dan di wujudkan terhadap makhluknya khususnya lawan jenis. CINTAI ALLAH, CINTAI RASUL, CINTAI IBU BAPAK, CINTAI KELUARGA, CINTAI KAUM MUSLIM DAN CINTAI SELURUH MAKHLUK ALLAH. Bukankah Maria “pelakon ayat-ayat cinta” berucap saat2 akhir mereka berkumpul sebelum shalat berjamaah lalu meninggal “saya baru mengerti perbedaan antara KEINGINAN UTK MEMILIKI dengan CINTA”. Wallahu a’lam bisshowab”. n perlu diperhatikan jg Bahwa Maria di nikahi bukan karena kebutuhan biologis Fahri melainkan kebutuhan keimanan hati muslimah Maria.
    Barakallahu lana.

  12. Jodoh dari Langit : Seperti Fahri dengan Aisha, tanpa melalui proses pacaran, tanpa perkenalan lebih lanjut, begitu bertemu Aisha Fahri langsung jatuh cinta, dan mungkin emang jodohnya Fahri itu dengan Aisha.

    Jodoh dari Hati : Seperti Fahri dengan Maria. Fahri terpaksa menikah dengan Maria karena keinginan hatinya untuk menolong Maria supaya cepat sembuh dan terbangun dari komanya.

    menurut aq sih begitu ….. tapi gak tau juga sih *bingung*

  13. em . . . gmana ya ? ! ? !
    qw gag pernah tw apa itu jodoh dari hati pa dari langit . . .
    yang aku tw jodoh itu dari ALLAH . . .
    jadi klo jodoh ya jodoh aj , gag usah mikir tu dari hati pa dari langit , qta ngeyakinin aj klo ntu dari ALLAH n qta tinggal ngejalanin n ngejaga . . .
    it menurut saiia . . .

  14. mnurut saya,jdoh dr langit n jdoh dr hati tu a/ seperti halnya hakikat n syariat/ikhtiar,bukan untuk d beda-bedakan tapi untuk disatukan,yaitu bagaimana kita menjadikan jodoh dr langit a/ jodoh dr hati kita ataupun sebaliknya jodoh dr hati a/ jodoh dr langit,,memang sulit dimengerti,tp jika renungkan,keduanya memiliki hubungan yang sangat erat…ingatlah ALLAH SWT maha tau apa yang kita ingin kan,meskipun hanya “goresan tipis” di hati kita,,,SUBHANALLAH…………………………………….

  15. aaaahhhh gima ya…. kayaknya aku harus selalu memohon dari yang di langit (Allah) gitu tapi juga dengan hati yang paling dalam eeeemmmm coba aja……….

  16. aww…

    jodoh dari langit tau jodoh dari hati…???
    bingung nech ngebedainnya….
    coz menurutku…”kedua-duanya” merupakan Anugrah dari Allah…

    wah…,
    klo aq sech berharap jodoh dari langit sekaligus dari hati….
    he…heeeeeeeeee….

    lam knal buat semua…
    w3..

  17. kalu menurutku,,,jodoh dari langit ataupun jodoh dari hati itu sama aja! toh intinya tetep jodoh kan???hehe…
    klu jodoh dari langit berarti jodoh itu dari Allah SWT coz persepsi kita kebanyakan Allah itu ada di langit. sedangkan jodoh dari hati,,ya sama jodoh dari Allah SWT coz pada dasarnya Allah SWT itu ada di hati kita masing2..
    so…wallahu a’lam deh!!! yang jelas semuanya uda di atur sama Allah. LUV U GOD. . .

  18. menurut gw jodoh bukan datang dari langit tapi udah di tetapin ma yang diatas.tiap-tiap qt dah da jodohnya,tergantung qt nya aja.
    kalo hati qt emang dah bener2 shrek banget ma seseorang dan qt yakin dia tu emang pilihan yang tepat dikasih yang diatas ma qt berarti dia ya,,,,,jojoh qt.

  19. sesuatu yang kita ingin kan dan kita anggap yang terbaik menurut kita.sesungguhnya tidak ada yang lebih tau segala yang terbaik untuk kita melainkan sang khalik Allah Azawazdala….
    jadi jangan pernah tidak bersyukur atas apa yang telah Allah SWT berikan kepada kita yang kadang tidak sesuai denganh keinginan kita, termasuk Jodoh diantaranya.
    Jadi teruslah bersyukur terhadap apa yang telah kita dapatkan..dengan bersyukur maka Allah akan menambahkan rezekim kita..Allah Hu akbar…Wassalam..

  20. Yang jelas jodoh itu Alloh yg kasih jadi ga peduli datengnya dari langit ato dari ati yg penting Bener2 diRidhoi ma Alloh SWT.
    Btw aku juga gi nyari jodoh nich…susah banget yach?

  21. menurutq jodoh bs dtg jk qt mau mencarinya karena jodoh tidak bisa datang sendiri
    N sbnrnya ALLAH jg sdh mmpersiapkan jodoh u/ qt asalkan qt mau berusaha n bersabar

  22. aku bingung malah…sulit cari jodoh sekarang…sulit menemukan wanita yang shalehah…bagiku cari jodoh lebih sulit dari pada mendaki gunung…

Balas Komentar Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s