Bonus (Modus) Pencurian HP

11 04 2008

\

Sore itu (9 April 2008), sekitar pukul 15:30 WIB, gak ada angin, gak ada asap, gak ada hujan (jadi gak becek dan tentu saja ada ojek), tiba-tiba ada ponsel masuk dari seorang teman saya, sebut saja Veri. Dalam hati sempat bertanya-tanya, ada apakah dengan Veri?

Dari sms Veri, dia mengabarkan kalau dirinya dalam keadaan urgent dan tak bisa keluar kemana-mana, dia minta tolong untuk transfer pulsa ke nomornya senilai Rp. 50.000. Saya awalnya agak heran, kenapa? saya balas sms-nya.

Hasan : “Dikirim kemana, Veri? ke nomor ini? Kamu sekarang posisi di Surabaya ta?”

Veri : “Iyo, San. Aku di Surabaya. Tolong San yo? aku gak bisa kemana-mana nih. Kalau punya duit sekalian aja yang 100rb,besok aku ganti kok. Tolong, San. Ditunggu…

Hasan : “Yoi, Ver. tapi sepurane aku hanya bisa kirim yang 50ribu. Ntar kalau dah nyampe sms aku ya?

Saya lantas segera membeli pulsa 50.000 guna dikirim ke nomor Veri, tanpa curiga sedikitpun. Aku kenal Veri dengan bauk-baik. Veri juga mengenal saya. Veri adalah seniorku, kita sering di Lab Geofisika, jadi kondisi kita memang akrab. Veri sekarang bekerja di Jakarta, jadi intensitas bertemu jarang, hanya sms kalau memang ada perlu. Mangkanya aku awalnya agak heran ketika dia sms, minta pulsa lagi, secara dia sudah bekerja dan berduitkan?

Tak beberapa lama, Veri sms lagi, dia mengabarkan kalau pulsa dah masuk. saya bisa bernafas lega, karena saya bisa meneruskan belajar ilmu Bahan yang diUTSkan besok.

Malam harinya karena saya sudah suntuk belajar, saya bermaksud menghibur diri dengan blogwalking dan cek email. Saya membuka email domain ITS. Eh ternyata ada Veri kirim email, jamnya tertulis pada sore hari pukul 17:13 WIB. Subjectnya ngeri : “[geofisika-its] Jangan dihiraukan sms dari 08133262xxxx

Saya terkejut setelah lebih detail membaca isi emailnya:

Yth. Bapak/Ibu,

Jika Bapak/Ibu menerima sms dari No 081332626406 atas nama Saya (VeryNugroho Ardhiansyah) dengan tujuan meminta pulsa atau meminta transfer uang ke rekening tertentu, atau apapun yang mengatasnamakan saya, MOHON JANGAN DIHIRAUKAN!. Sms tersebut dikirim oleh orang yang mencuri HP saya. Sebagai informasi HP saya mulai hilang pada Sabtu, 5 April 2008. Salah satu sms tersebut seperti dibawah ini:

Maaf br bs krm kbr ak ga pls soalnya tmbh2 hp ak eror kl ga kbratan tlg ak transfer pls dl 50 tar ak pnya duit mau buat bnrin hp.oke

Terimakasih atas perhatian bapak/ibu sekalian.
Very Best Regards,

Very Nugroho Ardhiansyah

Intinya saya kena tipu. Bukan oleh Veri, tapi oleh orang yang mencuri HP Veri. Ah, melayang sudah uang 50ribu. Tapi gak apalah, ini sebagai pengalaman saya untuk lebih berhati-hati pada orang.

Eits.. cerita belum selesai, si pencuri keesokan sore harinya sms lagi, dia minta pulsa lagi Rp.20.000 cuma bedanya si pencuri pake nomor lain (081398751xxx), begini smsnya : “Hasan, ni Veri. tolong transfer pulsa kenomorini Rp.20.000. Ntar tak transfer balik. Aku lagi di kerjaan. Tadi belum sempat beliTolong ya, San. Ditunggu

Saya tersenyum, dia lagi… Veri gadungan. Saya membalas sms itu, saya pura-pura tak tau, intinya saya ingin mengetahui identitas orang ini, eh pada akhirnya sumpah serapah dan cemoohan bahasa sunda yang saya dapat.

Semoga tulisan ini bermanfaat…


Aksi

Information

5 responses

11 04 2008
realylife

makasih ya pak , saya akan menjaga baik2 hp saya , soale mirip ama yang di gambar
jadi sms ngga penting harus kita ngga pentingin khan pak ?

12 04 2008
yoe

apes.. moga jadi penghapus dosa, dan sedekah ajah.. hehe
______________________________________________

Hasan Menjawab:
amien.. dah “terganti” kok, Jule….

12 04 2008
ghaniarasyid

itu yang kejadian nomer “hang” kemarin?
_______________________________________________


Hasan Menjawab:
Bukan. beda topik. yg hang kmrn karena emang sim cardnya error

19 04 2008
AsA

itulah maling jaman sekarang uda brani ngaku2 nyang aneh2…
moga2 si veri ga kcolongan hape lagi

27 08 2010
firza

sya jga keilangan. . . . . . .. . . .

Balas Komentar Ini

