Kemiripan Munajah Cinta & Ayat-Ayat Cinta

5 05 2008

Sinetron apa lagi ini?

munajah cinta

Sinetron religi? sepintas saya lihat ada adegan Baim Wong menggendong Saskia Mecca, berkholwat, dsb… inikah religi? sebenarnya sinetron semacam ini sudah ada, apalagi pada saat Ramadhan tiba, seperti Soleha, Aisyah, dsb… mungkin ini latah/ atau saatnya sinetron bergenre seperti ini merajai pasar?

Sekilas mirip Ayat-Ayat Cinta, font judul juga hampir sama, pemainnya memasang Rianti “Aisha” Cartwright dan Saskia “Noura” Mecca, juga ada pemeran Moctar “Syeikh Ustman” Sum, dan pengisi soundtrack juga sama, si Rossa… apakah kebetulan belaka? tak mungkin

Mungkin terlalu dini saya berkomentar ya? malam ini saja memasuki hari kedua penayangan, belum saatnya berkomentar, masih ada episode episode yang menjanjikan pesan moral dan kisah cinta yang mengharu biru sarat akan air mata (katanya…) tak taulah, kita lihat saja…

berikut resensinya, saya copy-paste langsung dari rcti.tv

ATTAR (Baim Wong) adalah seorang pemuda kaya, tampan, dan cenderung playboy. Ia adalah anak pejabat yang sibuk berkampanye mencalonkan diri sebagai Gubernur. Meski begitu, sebenarnya ia adalah pemuda yang baik. Attar jatuh cinta pada teman masa kecilnya, KHUMAIRA (Rianti Cartwright). Dan karena ingin mendapatkan hati Khumaira, Attar pun mulai mendalami agama di sebuah desa dengan bimbingan KYAI SIDIK (Mochtar Sum), paman Khumaira.

Saat mencari desa tempat tinggal Kyai Sidik, Attar bertemu dengan MAEMUNAH (Zaskia A. Mecca), seorang gadis desa yang menolongnya menemukan alamat Kyai Sidik. Sejak itu, keduanya pun semakin akrab.

Waktu pun berlalu. Attar mulai berubah menjadi seorang pemuda yang shaleh dan bijaksana. Tutur kata & sikapnya pun menjadi lebih sopan. Hal itu membuat Khumaira semakin kagum dan menyayangi Attar. Ia tidak tahu, bahwa cinta Attar hanyalah milik seorang wanita, Khumaira.

Maemunah sebenarnya telah dijodohkan oleh ayahnya, KASAN (Pietra J. Burnama) dengan seorang rentenir, BAKRIE (Adipura). Kasan terpaksa menjodohkan anaknya, karena ia terlilit hutang banyak dan tidak mampu membayarnya. Di saat akan dilaksanakan ijab Kabul, Maemunah kabur. Mae lari ke Musholla tempat Kyai Sidik dan Attar tinggal. Ia meminta Attar untuk menyelamatkannya. Atas bantuan Kyai Sidik, Maemunah diantarkan kembali ke ayahnya, dan pernikahan Maemunah pun ditunda.

Hari-hari berlalu. Kasan selalu disiksa oleh Bakrie, agar mau memaksa Maemunah untuk menikahinya dengan ikhlas. Tetapi Kasan tidak mau mengorbankan anaknya lagi. Ia meminta Maemunah untuk pergi jauh. Karena tidak tahu harus kemana, Maemunah kembali menemui Attar. Tapi betapa terkejutnya ia mendengar berita bahwa Attar telah kembali ke Jakarta. Maemunah pun dengan nekat menyusul Attar ke Jakarta.

Attar kembali ke Jakarta karena mengetahui ibunda Khumaira sakit keras. Ia ingin selalu berada di sisi Khumaira dan mendampinginya melalui masa-masa sulit, karena tak lama kemudian ibunda Khumaira meninggal dunia.

Maemunah berhasil menemukan alamat Attar di Jakarta. ia mendapatkannya dari surat yang dia temukan di musholla. Tapi sesampainya di sana, ia tidak mendapati Attar di sana. Dan Maemunah pun semakin sedih ketika mendengar alasan ketidakadaan Attar di rumah itu karena ia sedang melayat ke rumah calon mertuanya.

Melihat kehadiran Maemunah di rumah Attar membuat orang tua Attar tidak merasa nyaman. Mereka meminta Attar untuk segera mencari tempat tinggal bagi gadis desa itu. Karena keberadaan Maemunah di rumah mereka akan menimbulkan fitnah, dan itu tidak baik bagi karir SANJAYA (Dwi Yan), ayah Attar. Atas musyawarah dengan Khumairah dan Kyai Sidik, Memunah pun tinggal di rumah Khumairah. Selain karena Maemunah tidak mungkin dipulangkan ke desa, keberadaannya juga dibutuhkan untuk menemani Khumairah yang tinggal sendiri karena baru saja kehilangan ibunya.

Tetapi masalah tidak berhenti sampai di sana. maemunah yang menjalani hari-harinya di rumah Khumairah pun tanpa sadar menjadi “Khumaira wanna be”. Maemunah ingin menjadi sesempurna Khumairah, agar Attar tidak melupakannya. Hal ini membuat Attar merasa terganggu, ia menganggap Maemunah telah memanfaatkan Khumaira. Tetapi ia juga tidak tega terhadap Maemunah, karena sudah ia anggap sebagai adiknya sendiri.

Apakah yang akan terjadi kemudian. Akankah Attar mendapatkan cinta Khumaira?.. lalu, bagaimana dengan Maemunah?.. Ikuti terus kisahnya di sinetron MUNAJAH CINTA.


Aksi

Information

70 responses

5 05 2008
realylife

ya emang mirip mas hasan , semoga kelatahan ini tak berlangsung terus ya
lebih kreatif dan mandiri
setuju ?

5 05 2008
ald

yah isnya allah sinentron ga kecampur dngan cemburuan ato dendam lah tpi klo fitnah boleh juga hehehehe,,

pkoknya musti critany mendalam dngan islam yah!!

5 05 2008
Zul ...

Mirip tapi malah makin tak mirip.
Sinetron MC sejatinya menyajikan yang terbaik sesuai kampanyenya yang menggunakan Ustaz Yusuf Mansyur, Uje, dan Neno Warismua.

Sekarang terpulang kepada penontonya.

5 05 2008
titov

latah ooh lataaah..😀
yg jelas, sempet nengok episod perdana (nemenin istri nongton), dan kesan pertama … membosankan … alur critanya sangat nggak menarik, akhirnya males, pindah channel ke HBO:mrgreen:

6 05 2008
kang4roo


++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

KALO MAU BIKIN BLOG, JANGAN LUPA MASUK SITUS “Leoxa.com”
(Themenya Keren Abiss & Bisa Pake Adsense)

++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++

6 05 2008
hanggadamai

wah suka sinetron ya mas??

6 05 2008
affcella

kesan awalnya sdh mirip ditambah lg males nonton sinetron = pindah channel.. huahh

6 05 2008
alief28

kayaknya mang latah aja, atau ngikut kesuksesan AAC, dan sampai deetik aku belum pernah nonton…dah males dulu sih hehehe

6 05 2008
yogakasep

duh dijaman gini semua pake kata2 islami…..

6 05 2008
Munajah Cinta

Sebenarnya arti dari Munajah/Munajat itu apa sih?

6 05 2008
akmalhasan

ini memang satu ciri budaya nge-pop, apa yang jadi trend akan cenderung di-expose terus dan dijadikan ladang industri entertainment. kalo pake pendekatan idealis yang ada nanti kecewa kok gak gini, kok gak gitu… mending pake pendekatan pragmatis ajah… oh ini toh sinetronnya…🙂

6 05 2008
Rommy

latah yang penting mampu memberikan nilai positif terhadapa Islam, dan tidak menonjolkan apa yang selama ini ada di dunia sinetron dan film indonesia

6 05 2008
arifrahmanlubis

salam kenal.

benar-benar momen yang pas. tema dan tokohnya pun populis. sepertinya akan laris manis.

mudah2an film SANG MURROBBI (Alm Ustad Rahmat Abdullah) yg sekarang baru dirilis -walau tak populis-bisa ditayangkan di TV nasional juga.

cuplikan filmnya : http://www.iqro.or.id/?op=isi&id=147

kritik saya untuk stasiun TV kita : http://arifrahmanlubis.wordpress.com/2008/04/30/televisi-antara-optimisme-dan-cinta/

6 05 2008
Novi

menurut aku, film munajah cinta ini sedikit ada kemiripan dengan filim ayat-ayat cinta.
film ini dapat dibilang miip karena kisahnya yang berujung pada poligami atas permintaan istri kepada suaminya karena kasihan kepada gadis yang menyukai suaminya.
dari sinilah orang-orang akan menilai bahwa film munajah cunta ini sama dengan film ayat-ayat cinta, disamping itu…karena film ayat-ayat cinta lebih dulu di luncurkan sehingga penonton sudah mengetahui jalan cerita dari ayat-ayat cinta tersebut.

6 05 2008
Zulfi

Bagus lah…
berarti memantapkan posisi kalo sinetron2 Indonesia biangnya jiplak-menjiplak…

*menyindir*

6 05 2008
blogblajar

kayanya penyakit latah ini memang sudah penyakit kronis dunia hiburan dimana saja, bukan cuma di Indonesia kok…

eh..copot….copot…copot….Tuh kan, latah deui…

6 05 2008
izkia_smile

menurut gw ceritanya gak bagus
terlalu berat
nonton sinetro kan buat refresing bukan buat mikir, udah gitu mirip banget lagi sama aac
bete banget
kapan ya bangsa indonesia ga nyontek

6 05 2008
FaNZ

udah jadi budaya sihh
kalo satu sinetron sukses dengan satu tema
yang laen pasti bakal ngikut
ehehehehe
kapan bisa kreatip yah??
mrk cuma mikir untung ajah😀

6 05 2008
masbadar

Latah bisa jadi penyakit, bisa jadi trend; pilih saja. terpenting adalah apa dan siapa yang dilatahin. ASTAGFIRULLAH!!, ya diapun astaghfirullah eh astaghfirullah, MALING!!, ya diapun maling eh maling, JOROK!!, ya diapun jorok eh jorok; pilih saja. Latah; trend atau penyakit; mesti disembuhkan dari mental bangsa ini. SALAM KENAL SEMUA, eh salam kenal semua..🙂

6 05 2008
Mrs. Fortynine

ah, untunglah saya ndak suka nonton sinetron…

😆

6 05 2008
yuki

terlalu berlebihan..

temanya sih bagus niatnya, tentang islam…
tapi penggarapannya kayaknya standar sinetron banget,
baim nya boo.. kalau ngomong kaya yang lagi sakit Typus, komplikasi jantung dan komplikasi paru2, lemes banget baik suara maupun bahasa tubuhnya..

kemana-mana pake peci,, yu! bukan menghina tapi seyogyanya sutradara nya lebih cerdas, peci itu bukan berarti menandakan islam, jadi tidak perlu di pake kemana2..
saskia mecha pake kerudung, mau tidur, mau mandi.. tidak bisa di salahkan memang krn memang dia aslinya pake kerudung, yang salah sutradaranya, kenapa pake saskia, jadi gak real, kembali lagi sifat sinetron, banyak kesalahan ilmiah (cieeeh) yang konyol dan bodoh…

mungkin maksudnya biar keliatan shaleh jadi baim kalem dan bijak,

tapi sebaliknya terlihat konyol..
seorang muslim yang shaleh tidak musti kayak gitu, dari tutur kata keras saja kalau penggambarannya ok, bisa keliatan shaleh ko.. tidak perlu mengeksploitasi atribut2 keislaman

Si muhaimin, siapa tuh nama rianty di sana, lupa.. aisyah banget boo… banyak duit, yatim piatu, asal jangan kaya sinetron lagi aja.. tiba2 jadi miskin, atau ternyata ibunya belum mati.. atau di tengah2 muncul bapaknya yang ternyata seorang penjahat..

terus tiba2 si baim ternyata angat pungut..
pergi dari rumah

si maemunah ternyata anak orang kaya…

so.. standar Sinetron banget…

permasalahan sinetron adalah selalu konsistensinya!

ok, sinemato grafi, kualitas akting bisa saya maklumi, mungkin karena budget, kejar tayang dsb..

tapi konsistensi mutlak di perlukan, jangan bikin-bikin cerita yang sudah selesai di tambah lagi, makin ga jelas, tentu semua tau rekor sinetron bodoh.. masih di pegang tersanjung hingga season 6, edan!
kemudian kebodohan2 kembali di ulang oleh sinetron selanjutnya, meski dtdk sebodoh tersanjung, dari mulai cicit samapai buyut di ceritain kisah cintanya…

contoh kebodohan terdekat adalah cahaya aya, pacar tuker2an…

jadi initiya, saya cuma ngarepin munjah cintajangan mengulangi kebodohan2 sebelumnya…

6 05 2008
zizaw

apakah mungkin karena oleh novelisnya ga boleh dijadikan sinetron… lalu diubah nama menjadi munajah cinta?
au ah gelap

6 05 2008
Agus Nugroho

biasa… aji mumpung ya produser ya artisnya juga …. tidak memelihara nilai

6 05 2008
sibuluberaksilagi

Iya gitu deh..
kalo kata papa saya, “Namanya juga sinetron”

6 05 2008
qizinklaziva

Semalem saya nonton… baca sinopsisnya di desa… tapi koq ada adegan Attar, Khumaera belanja di Mall…??? Saya nggak tahu di desa mana di Indonesia yang ada mall gedenya?

6 05 2008
sandynata

ah sinetron

6 05 2008
alex

Sinetron…

Saya juga jadi lunglai dengar kata itu…🙄

6 05 2008
guenardie

ngak papa kasih kesempatan buat orang2 yg ngak sempet nonton/ngak punya duit !! itu sinetron ayat2 cinta….

6 05 2008
Andra

Yah…
akhirnya jadi tontonan emak gw jugaaa.

6 05 2008
Andra

yang jadi maria siapa ya?
kok 2-2nya pake jilbab?

6 05 2008
tumin

haiiiii semua aku boleh gabung engga nihhhh
salam kenal aja yahhhh

6 05 2008
doelsoehono

YOI….numpang gabung and Nepangken

salam ….kenal BOYOLALI

6 05 2008
Calvin Michel Sidjaja

“Waktu pun berlalu. Attar mulai berubah menjadi seorang pemuda yang shaleh dan bijaksana.”

Astaga, ga bisa lebih dangkal dan simpel lagi yah perkembangan karakternya? Ini plot device paling overused, ngedenger sinopsisnya aja udah malas, apalagi nonton.

6 05 2008
phiequn

Gabung juga ah..Boleh yah..

Mampir kesini yah
http://infostan.wordpress.com/
bagi yang pengen tahu info sekolah kedinasan.

Salam kenal semua.🙂

6 05 2008
6 05 2008
nenyok

Salam
Ga nonton, tapi kayaknya intinya cinta-cintaan juga, ceritanya dikemas secara islami padahal adegan2nya, tuh ada khalwat dan sejenisnya islamikah itu???

6 05 2008
hatewong

sinetron kok ya dipikirin… tes masuk tuh yg musti dipikirin ..😀
____________________________


Hasan menjawab;
gak mikirin mas, gak habis pikir, kenapa begitu :p

6 05 2008
bloGEsam

Aku blom ngikutin sinetron MC ini… yang aku tahu sinetron Cahaya ganti jam tayang… hehehe…🙂

6 05 2008
yossyrahadian

UUD lah, oportunis barangkali???
pesan-pesan moralnya???

let see sejauh mana…

wallahu ‘lam

6 05 2008
Terkesan dg sound track Munajah Cinta « Corat-coret Anto S. Nugroho

[…] bernafaskan keagamaan, yang tentunya sarat dg nilai-nilai moral. Kritikan yg dilayangkan, karena sangat mirip dg AAC (yang sampai sekarang saya belum juga melihatnya). Review menarik saya baca di sini. […]

6 05 2008
Wrestler

Tapi bagus juga,
jadi banyak pesan moral yang didapat tiap hari..
betuulll…………

7 05 2008
SEPRIADI

Walahhhh

benar- benar ga ada ide lagi
kapan ya film indonesia ada yg bermutu..?
ato memang hanya seperti itu daya tangkap dan pola pikir masyarakat kita..?

dari dulu wa paling anti ma sinetron indonesia..
jadwal nonton seh lewat jam 10, abis dari sore sinetron mulu.
pake acara teriak, nangis, marah2 ga karuan.

norakkkkk

7 05 2008
winsolu

boleh juga…
salam kenal…:D
tukeran link dong?

7 05 2008
hmcahyo

wah bener-bener AAC watcher🙂

salam ajah dari malang🙂

http://hmc.web.id (blajar bhs inggris lewat nasyid)

7 05 2008
Rahmat ST

Hanya satu pesen saya, jika mau nonton sinetron “reliji” sebaiknya belajar dulu tentang Islam yang bener, jangan sampai dikiranya Islam itu seperti yang ada di sinetron. Saya setuju, sinetron yang “islami” sering konyol.

7 05 2008
erander

Oh .. anak calon Gubernur ya San??

7 05 2008
garing

dan Carissa Putri bakal tampil di akhir episode.

7 05 2008
ngaong

namanya juga sinetron indonesia… ntar kalo rating nya tinggi episodenya gak akan pernah habis…..
asal aja yang bikin tau apa itu islam. jangan hanya asal bikin.

7 05 2008
boediarto

biasa mas yang namanya euphoria. lagi ngetren hantu semua ikutan hantu. lagi ngetren remaja semua ikutan remaja. AAC sukses udah antri tuch yang mau ngekor.

7 05 2008
ghaniarasyid

hehehe.

ini yang mas bilang tadi malem ya?

Duh, bener nih gejala kelatahan menerjang Indonesia.

Sama kayak film2 cinta2 remaja & horror yang semuanya pada ikut-ikutan…

Yah, cuma berdo’a aja biar dakwah nggak dikomersialkan kayak gini… dengan bungkus Islam tapi isinya nggak bener.

7 05 2008
ckasih


shocked: MALAYSIA MAKE NEW RULES FOR CHRISTIANS!!

EVERY CHRISTIANS MUST SAY “ALLAH” RATHER THAN “GOD” & DONT SAY “TRINITY” ANYMORE..
This is because English language not suitable anymore because the original Bible is in Arabic.

The full story is here: ckasih.blogspot.com

7 05 2008
muziqcantiq

habis itu, pasti ada lagi sinetron2 lain yg mirip😉 tungguin aja…
yah, gitulah. aji mumpung, mumpung lagi tenar…pasti ngikut, ya enggak ?

7 05 2008
anchuk

berprasangka baiklah,bahwa ujung-ujungnya entar,cemburu,dendam,dan sakit hati..lho?

7 05 2008
arief wahyu w

semoga saja isi sinetron ini selajutnya gak cm berisi fitnah, rebutan harta, rebutan suami ato istri kaya sinertron lainya.
semoga saja sinetron ini lebih banyak membawa nilai positif

lam kenal buat yang nulis

8 05 2008
abiehakim

Iya mirip, maksukna sama2 cari untung!

8 05 2008
nesya

awalnya seh biasa aja tapi lama lama juga enak juga dilihatnya.cuma gk enaknya crita rianti harus ngalah ama saskia itu kan gak enak…..?

8 05 2008
papabonbon

mirip sih. tapi asik asik aja kok. yg main juga cantik cantik dan bening. gpp deh hahahaha🙂

9 05 2008
perycantiq

Nich yah klo nonton iklan N kampanyenya ulama2 yg tiap iklan always muncul ditipi kayaknya tu sinetron terlalu berlebihan dech!!

standar Lah ma sinetron2 yg tayang pd bulan puasa yg dibintangi MaRsandaL dan kawan2!!malah terliat dipaksain tayang ne sinetron!!
palagi pas akyu liat episode perdananya perhatiin dech rambut Rianti yg kluar2 beda bgt ma sazkia???

Taaapiiii setelah akyu liat episode ke-2,ke-3,ke4…and seterusnya….
bener jg kata UJ klo sinetron ini kudu Wajib ditonton!!!!!!!bgs!!

^_*
Untuk lebih Akrab lagi link akyu kesini yach:
http://perycantiq.wordpress.com/

9 05 2008
perycantiq

Lam kenaL…..

9 05 2008
indean

saya belum mengenal jelas tayangan Tv yang berjudul munajah Cinta, tapi saya pernah liat cuplikan tayangan tersebut dari salah satu infotaiment, para pemain berekting dengan baik dan bagus, dalam dunia ekting memang tdk asing lagi untuk memeluk, mencium, menggendong lawan mainnya, tapi yang saya sayang kan Zazkia M yg menerima adegan untuk di gendong oleh lawan mainnya, baim wong. saya sungguh menyayangkan hal tersebut, karna apa? karna Zaskia adalah seorang muslimin yang menutup auratnya dengan sehelai kain, saya tau untuk menutup aurat ketika karir menanjak memang sulit. Apa Zaskia tdk malu pada diri sendiri, kpd Tuhan, kepada kaum wanita muslim?? yang menutup aurat dengan sehelai kain tapi rela di pegang tubuhnya oleh laki2 yang bukan muhrimnya hanya untuk sebuah tayangan Tv!!!!!!! (di gendong)

mf saya bisa bilang itu adalah tindakan Munafik!!!

apa anda punya komitmen ketika memakai jilbab?????

9 05 2008
fanari

bukan cuma ceritanya aja yg mirip, liat aja bentuk&warna font judulnya yg juga mirip ama AAC

10 05 2008
abun

Assalamu’alaikum…

Walah. Ini gimana to. Nggak nonton kok marah-marah. Mbak-mbak dan mas-mas, sinetron itu jangan dikomentarin lewat promo. Ibaratnya itu sama saja kita komentar sama orang yang belum selesai ngomong. Jadilah kritikus yang bener.

Aku kebetulan nonton tuh episode yang si Zaskia digendong. Itu si Attar tadinya nolak, dia bilang dia bukan muhrimnya. Tapi si Khumaira bilang, terus gimana dong? Aku ‘kan nggak kuat. Begitu.

Wes to, kalo ndak suka ya ndak papa tapi hati-hati lah kalau menghujat:

“mf saya bisa bilang itu adalah tindakan Munafik!!!

apa anda punya komitmen ketika memakai jilbab?????”

Masya Allah, itu ‘kan sama saja fitnah lho Mbak/Mas.

12 05 2008
edysto

Melihat promo sinetron ini, saya berharap menjadi sajian yg mendidik. Pada episode 11 Mei saya agak kecewa. Ketika Atar dan Maemunah difitnah, malah penyelesaiannya bukannya Atar diberi kesempatan untuk membuktikan bahwa dirinya tidak berzina, tetapi justru kompromi seolah olah dia telah mengakui berzina karena bersedia menikahi Maemunah. Lebih mendidik kalau bagaimana mengatasi tuduhan zina. Atar menikah bukan karena niat yg ikhlas.

17 05 2008
neneng

NENG SIH EMANG BELUM LIHAT FILMNYA SPT APA TAPI PAS NENG BACA BARUSAN NENG SENENG BANGET KALAU LIAT SINETRONNYA DARI CERITANYA EMANG SPP. AAC TAPI MC INI TERLIHAT LEBIH ISLAMI NENG SETUJU MBA. ZASKIA IKUTAN PERAN DISINI MESKI SEDIKIT KECEWA SIH. TAPI ITU KEMBALI LAGI PD DIRI MBA ZASKIA ITU SENDIRI. YANG JELAS NENG LEBIH SENENG BUKAN CUMA ISINETRON AJA DIA PAKAI JILBAB TAPI DILUAR SINETRON JUGA PAE ITU AJA. TERUSIN AJA KARYA2NYA DAN PERBANYAKLAH SINETRON2 YANG BERNUANSA ISLAMI BUKAN YG SERONOK TERUS. CAPE PEGEL LIATNYA JUGA !!!!
Jzkillah

24 06 2008
umich

gini aja..kalo gak suka jgn menghina hasil karya orang dong…sekarang ayo…coba kalian deh kalo memang bisa bikin karya berkualitas…Hayoooo.

17 07 2008
rosi

positif minded
masih banyak kok di luar sana yang mengaku islam
tapi takut dengan atribut islam
tidak nyaman di bilang alim

sepertinya saya harus banyak ngaji dulu baru bisa commentar
dan sinetron itu hanya sebagian media sisanya di kembalikan lagi pada di penonton, bagaimana kadar dia mengerti dan memahami tentang islami

atau poligami sekalipun

udaaah ah , malah jadi salah nantinya
learn from the best

17 07 2008
anto

mari kita renungkan sejenak dengan akal sehat dan hati kita.
televisi memang dapat berpengaruh besar terhadap kehidupan kita, tapi juga akan dapat berpengaruh buruk apabila muatannya tidak mendidik.
hampir semua sinetron merupakan salah satu pengaruh buruk ( meski tidak semua sinetron ), kadang konyol dan nggak mutu sama sekali.
mbok yao, sutradara atau penulis ceritanya itu mikir, kalo cuma biar sinetronnya jadi panjang jangan ceritannya diputer-puter. menggelikan, masa tokoh antagonis sama protagonis bisa dalam satu rumah, padahal statusnya nggak jelas siapanya? didikan apa ini? pesan apa yang dibawa? kesan bahwa yang baik selalu mengalah dan lemah juga menggelikan, yang jahat bikin ulah sampe ga ketahuan padahal jelas2 settingnya menandakan mereka dalam jarak yang dekat, yang jahat senyum sinis dan berpura2 menangis juga bisa bikin tokoh utama percaya11 apa ini ? pembodohan !! ga mutu ( maap, emosi ).
mari kita sama2 berusaha mendidik masyarakat, anak2 kita untuk menjadi lebih baik dengan memberikan contoh dan pembelajaran yang positif dan realistis kepada mereka. idup sama sekali tidak seperti sinetron.
ajarkan pada masyarakat nilai2 kebaikan menghormati alam, menghormati hak2 orang lain, menghormati pemimpin, mengingatkan saat pemimpin membuat kesalahan. ( tar sinetronnya ga laku, yang bikin sinetron ga bisa untung, ga bisa makan, trus ga bisa eek juga dong hee.hee. ).
mari sekali lagi kita renungkan dengan akal sehat.
sinetron tidak mendidik ( BOIKOT !!!! ).
( bagi artis : koq ya mau2 nya dapet peran konyol !!! kasian anda !! anda terlihat sangat bodoh saat memerankan peran seperti itu !)
maaf bagi yang sakit hati karena comment saya! saya hanya berniat mengingatkan !

5 05 2010
RAFIAH

Fikir dengan akal sihat? Kalau fikir dengan akal sihat ambil saja nilai-nilai murninya seperti watak Khumaira yang jenisnya penyabar, betil tak?

12 08 2008
yuki

ini film parah..

ga islami..

mengajarkan orang islam untuk gampang kawin..

asli parah..

terakkhir saya sempet liat, ceritanya udah ga jelas..
betul kan duagaan saya,
ada yang jadi miskin..
ada yang jadi kaya..

ini asli pake kedok islam doang!

5 05 2010
RAFIAH

ceritanya unik, nggak pernah ada. endingnya juga sedih bangat. Attar itu meninggal. Sinetron ini bagus.

Sinetron in adalah kesinambungan daripada filem ‘Ayat-Ayat Cinta’ bukan mirip 100%

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: