Sepak Terjang Bonek di Jalanan

2 07 2010

Wuiih, akhirnya aku ngeblog juga setelah sekian lama gak coret-coret di blogku ini, bagaimana tidak, kerjaku juga nulis, tiap hari muter otak buat nulis dan nulis, huh! ya sudahlah, its my life…

Aku mau bercerita tentang kejadian yang aku alami belum lama ini, tepatnya saat ada pertandingan Persebaya melawan kesebelasan lain (aku lupa!) di stadion Tambak Sari, Surabaya. Bukan rahasia lagi, jika Persebaya bertanding, para bonek (pendukung Persebaya) turun ke jalan. Mereka bener2 bondho nekad, gak bawa kendaraan, tinggal numpang truk-truk, mobil pick up atau kendaraan yang lain. Kalaupun mereka bawa kendaraan, itu pun ugal-ugalan, sato motor bertiga, gak bawa helm, suara mesinnya yang dikerasin, macem2 lah pokoknya!

diambil dari ntunkz.wordpress.com

diambil dari ntunkz.wordpress.com

Termasuk hari itu, pulang ngantor jam 5an, rupanya hari itu Persebaya bertanding dan memang pertandingan selesai pada jam segitu. Otomatis banyak bonek yang turun di jalan-jalan Surabaya, beramai-ramai, bawa ini itu, bikin macet, kisruh pokoknya.

Puncaknya saat di lampu merah genting kali, depan Siola menuju jalan Praban ke Jalan Bubutan. Lampu merah nyala, aku yang saat itu berkendaraan vario berada di barisan yang cukup belakang, memang saat itu kendaraan ramai, agak macet. Nah, pas di samping kanan (agak belakang) dikit, ada 3 orang berpakaian bonek dalam satu motor, tentu saja mereka tanpa mengenakan helm! aku biasa saja, dan tak bereaksi.

Nah lampu pun hijau, biasalah semua klakson pasti dibunyikan, sialnya 3 orang bonek itu bukannya mengklakson dengan klakson motor, namun mengklakson dengan alat bunyi2an yang biasa dibuat nonton bola itu lho (terbuat dari pilox dan suaranya cukup keras, entah apa namanya) pas ditelingaku beberapa kali. Sial!

Walau aku pake helm berSNI, tapi tetap saja suaranya keras terdengar di telingaku. Aku tak sempat menegur, mereka keburu meloyor pergi, ngebut….!!!

Entah apa maksudnya, sengaja atau gak sengaja, tapi bagiku kadang kelakuan bonek di jalan kadang keterlaluan! Ironisnya kok polisi belum tegas menindaknya ya?

Bagiku mereka yanng melakukan hal2 kurang mengenakkan itu bukan bonek, namun preman yang menyusup dalam bonek, heheheehe.. ya sudahlah! Hati-hati saja kalau bonek turun ke jalan, di manapun Anda berada, hahahaa!


Aksi

Information

9 responses

2 07 2010
Mochammad

Anda termasuk bonek bukan? Kan, Arek Suroboyo juga :D. Belum tentu juga ya…

Mungkin mereka selama ini terlalu banyak disberitakan media sehingga mereka semakin PD dengan eksistensinya yang cenderung holigan (kalau nggak salah istilahnya :))
Kalau mereka dicuekin media, dianggap nggak ada, terus aparat keamanan menindak dengan sanksi yang tegas ketika mereka berbuat onar, barangkali lambat laun akan berubah. Atau, sudah waktunya mereka diberi wadah atau diorganisir sehingga kelakuan mereka bisa dikontrol dan dididik untuk bersifat arif dalam membela tim kesangannya.

Salam,

Mochammad
http://mochammad4s.wordpress.com/

2 07 2010
hasanjunaidi

KTP saya Gresik, Mas.. tapi saya hidup 6 tahun di Surabaya… yang jelas mas, memang perlu ada perubahan di dalam bonek sendiri, terutama dari segi mental yang harus lebih bijak sebelum melakukan sesuatu, baik di lapangan maupun di jalanan, its just my humble opinion mas! mangkanya kategori saya centang opini 🙂 but, thanks for sharing and comment 🙂

29 09 2010
dhiiyana

TAWU NWEH,,MERUSAK,URAKAN TAWO,,,,,,,,,,,

11 10 2010
vidik

ga semua bonek urakan…. anda hanya tau segelintir bonek… andaikan anda masuk di dalam bonek tu sendiri pasti pendapat anda tu berbeda…… ja jgn nilai kami negatif kami jg ada yg positif….
MATI OREP PERSEBAYA… PENGORBANAN KAMI HANYA UNTUK PRESTASI PERSEBAYA

26 12 2012
habil

salam satu nyali waniiiiiiii,,,,,,,,,,,

8 10 2012
idaarekb0nekNita

bonek brutal bkn krna mrka ingn brutal,,, bsa ja mrka brfkir, bhwa slama ni mrka d anggap buruk, knp gag skalian ja bruk

26 12 2012
habil

saya salut dgn persebaya smoga bonek smakin lma smakin kreativvv

4 02 2013
aryo

yang bukan bonek silahkan menilai semaunya, itu hak anda. orang lain pun bisa menilai anda buruk walau bukan bonek. jika dalam keluarga anda,salah 1 keluarga anda berkelakuan buruk apakah boleh satu keluarga dianggap buruk semua?..please, cerdaslah dalam berfikir dan bertutur.

– ijo..ijo..ijo!

24 02 2013
Bonek Gedangan

Bonek 1 hati gg pernah lupa sama persebya surabaya

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: