Uji Nyali ala Insidious

21 06 2011

Ini film hollywood terseram yang pernah aku lihat selama ini,” itu sekedar komentar aku ketika selesai melihat film Insidious.

Awalnya aku tertarik dengan poster film ini. Kesan bahwa ini adalah film horror sudah bisa dibaca dari official poster ini, aku tertarik, maka pada saat itu juga, Sabtu (18/06) kemarin, sekitar pukul 20.45 WIB malam aku menonton film ini di Galaxy Mall Surabaya.

official poster INSIDIOUS

official poster INSIDIOUS

Pindahan rumah, scene awal dari film ini. Keluarga pasangan Renai dan Josh entah bagaimana ceritanya pindah rumah. Mereka mempunyai tiga orang anak, yang salah satunya bernama Dalton yang menjadi inti cerita dari film ini.

Scene lain memperlihatkan Renai bersama Dalton yang melihat-lihat foto album kenangan masa kecil mereka. Tak saru pun dalam foto tersebut yang memperlihatkan foto masa kecil Josh, ayah Dalton.

“Kenapa?,” tanya Dalton pada ibunya.

Ayahmu terlalu ceroboh dalam menyimpan sesuatu.” jelas Renai.

Mengenai alasan sebenarnya kenapa tak ada foto masa kecil Josh, akan terjawab di bagian akhir film yang akan aku jelaskan kemudian.

Sejak awal Renai sebenarnya sudah mulai merasa ada sesuatu yang aneh dari rumah barunya ini. Suara-suara aneh sering terdengar ditambah dengan adanya lorong misterius yang menghubungkan rumah ini dengan loteng yang berada pada bagian atas rumah ini.

Keanehan tersebut juga dirasakan oleh Dalton, hingga membawanya ke ruangan lorong tersebut. Dalton penasaran, hingga kemudian terjatuh dari tangga yang membuatnya koma sepanjang film ini.

Dalton nampak seperti orang koma

Dalton nampak seperti orang koma

Dokter sendiri masih bingung dengan kondisi yang dialami oleh Dalton. Tak ada luka medis serius yang dialami Dalton, dia lebih nampak seperti orang tertidur.

Sudah 3 bulan berlalu, namun Dalton tak kunjung sadar. Selama itu pula beberapa penampakan sering muncul dalam rumah tersebut. Mulai dari penampakan sosok anak kecil yang lari-lari kecil, sosok pria bertubuh gempal, hantu wanita tua hingga sosok hantu aneh bermuka merah yang sebenarnya sangat menginginkan tubuh Dalton itu sendiri.

penampakan hantu wajah merah

penampakan hantu wajah merah

Merasa ada yang aneh, keluarga Josh dan Renai akhirnya pindah rumah lagi. Namun nyatanya hantu tersebut tetap ‘mengikutinya’. Beberapa kali cara sudah dilakukan, termasuk memanggil pendeta dan akhirnya ibu Josh menghadirkan paranormal bernama Elise Reiner dan dua rekan lainnya yang aku rasa lebih seperti Ghostbuster.

It’s not the house that is haunted. It’s your son. ~ Elise Reiner

Begitu kata Elise. Rumahnya sebenarnya tidak berhantu. Namun Dalton itu sendiri lah yang menjadi sumber sosok-sosk misterius selama ini yang hadir dalam rumah mereka. Benar memang, Dalton bukan koma, namun dia sebenarnya tertidur, namun arwahnya tidak bisa kembali ke fisiknya. Dalton akhirnya tersesat ke alam baka, alam di mana dipenuhi arwah-arwah jahat. Dalton terperangkap di alam baka, dan bingung mencari jalan keluar menuju fisik badannya yang nampak tertidur. Dari situlah rumah tersebut berhantu. Bagaimana tidak, arwah-arwah jahat banyak yang menginginkan tubuh fisik Dalton yang terbaring itu.

hantu wajah merah menginginkan tubuh Dalton

hantu wajah merah menginginkan tubuh Dalton

Rupanya, kemampuan Dalton untuk memisahkan rohnya dari fisik badannya ini diturunkan oleh ayahnya, Josh. Semasa kecil Josh rupanya sudah ‘diikuti’ oleh sesosok arwah wanita, hal tersebut bisa dilihat dari foto-foto masa kecilnya, nampak sebuah ‘penampakan’ yang selalu berada di belakang sosok Josh kecil. Josh sendiri tidak ingat dengan kemampuannya ini, karena ingatan Josh sudah dihapus, termasuk juga dengan tidak adanya foto masa kecil Josh yang ditemui selama ini.

hantu wanita yang mengikuti Josh

hantu wanita yang mengikuti Josh

Begitulah, hingga akhirnya Josh sendiri lah yang menolong Dalton. Josh memisahkan arwahnya dari fisiknya dan mencari Dalton di alam baka. Bagaimana akhirnya dari film ini? Hmmm… tonton saja dah.

Jujur, ini film Hollywood yang memang bisa membuat aku berteriak histeris, takut dan kaget juga. Sepanjang film aku menahan pipis, jujur. Aku sendiri berulang kali menutup muka aku dengan kupluk yang aku bawa, hahahaa…

Adegan yang paling bikin aku merinding adalah ketika ada sosok anak kecil yang lari-lari di rumah Renai-Josh sambil cekikikan khas anak-anak. Aku sampai tertawa hanya karena lihat aku yang setakut ini.

Lalu ada juga ketika siang hari, musik yang diplay Renai tiba-tiba berganti menjadi musik Tiptoe Through the Tulips dan hantunya joget-joget, OMG! Hahahaaa… dari situlah aku kemudian download MP3nya, dan selamanya menganggap lagu itu seram. Hahahaaa….


Aksi

Information

16 responses

23 06 2011
dean

Aku parno sendiri loh, sampe ga bisa tidur, menurutku filmya punya daya tarik tersendiri, beda sama cerita horror yang lain, tapi lumayanlah, hehe.

24 12 2011
icha

aku jg….
film horor yg benar2 bda dengn yg lainnya…

24 06 2011
niyasyah

serem sepertinya. haduh jadi takut sndiri padahal belom nonton –“

24 06 2011
Rusa

makin penasaran pengen nonton, bnonton gak yah?
hehe

12 07 2011
Uzhwa

Ich,, jd penasan,, ok dech dr pada penasaran,, nnton ach:D….

7 08 2011
Agnes Nielita

aku dah nonton, filmnya menegangkan dan yg pasti seru bget..

9 08 2011
Hasan Junaidi (@hasanjun)

hahahaa… iya kan, seru sekali, aku sudah berkali2 nonton😛

27 08 2011
paye (˘̩̩̩-˘̩̩̩) (@heyfaaii)

hari aku baru nonton film itu,sumpah tuh film emang serem bgt

3 09 2011
Biboo

Baru aja selesai nonton nie film…..sumpah serem abis,,,cukup buat aku teriak2+jantung berdetak cepat….tapi endingnya agak buat kecewa,,apa mungkin bakal ada insidious 2….

18 10 2011
Chi Erya Utami

pantesan bagus ,, SUTRADARA nya yg bkin paranormal activity juga,,

17 11 2011
KopraL Kepala

Bro, lagu di blog elu ni judulnya apa? Bisa gw donlot dimana yach?

17 11 2011
hasanjunaidi

kenapa bro? bagus yak lagunya? itu lagu Only In Dream – OST You Are My Destiny, bro lihat di postingan saya di sini https://hasanjunaidi.wordpress.com/2011/10/02/im-yoona/

5 12 2011
abangdolly

thanks berat gan. ga nyangka ada link download lagu paling creepy di film ini, yang pas ada “anak-anak” joged itu.

wow… ntar ane schedule biar putar otomatis buat nakutin adik ane.😀

8 12 2011
Gigih

Ngeri sumpah bagian terakhirnya paling2 deh,mungkin karna juga udah takut dr awalnya ya jd lemes gitu pas tau josh dirasuki setan hahaha..

6 09 2012
haqqy

bgt.. aku juga ngerasa.. ni film horor pling nyeremin yg pernah aku tonton…
cz aku juga pas nonton salah jam de.. nontonya jam 12 mpe jam 1 pagi gitu..
sendirian..
di kamar yg gelap,,
mpe klo setan merah nya muncul..gx brani liat..tutupan bantal

padahal film” laennya aku biasa” ja… mantep bgt dah..

temen”ku aku promo in gx da yg brani nonton..

16 02 2013
Tyaaaaa

Aq jg sdh nntn
Sbnerny crita ini gk serem2 amat, sbb tdk trjd pmbunuhan brdarah, critany jg sderhana,
Tp meskipun kyk gitu, film ini sbnrnya mmbwt jntung sy copot…
Sbb hantunya muncul scra tiba2 mn mukany serem lg,

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: