Ceritaku · Inspirasi · Kabar Terkini

Pengabdian, Ketulusan dan Keikhlasan

Postingan ini merupakan kelanjutan dari postingan sebelum ini, masih terkiat dengan rencana #berbagibuku oleh teman-teman dari @infoGRESIK.

Seperti yang sudah aku ceritakan di tumblr ku sebelum ini, Selasa (05/07) malam kemarin, Aku, Irwan, Zonzon, Cak Pii dan Shella mendapatkan kesempatan untuk bertemu Tidar CS, mereka adalah rekan-rekan Pengajar Muda II, Bala Bawean #BalaBawean yang bertugas di Pulau Bawean, Gresik.

salah satu sudut di pulau bawean
salah satu sudut di pulau bawean

Kebetulan saat ini memang sedang liburan sekolah, jadi mereka bisa berkunjung di Gresik Kota. Kesempatan itu tidak kami lewatkan begitu saja, kami sepakat bertemu dan mereka menyambut kita dengan begitu ramahnya.

Dua setengah jam berdiskusi rasanya tak cukup bagi kami, walau mereka masih 2-3 minggu berada di sana, namun mereka sudah mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Cerita mereka begitu menggugah dan menginpirasi. Dalam hati aku berucap, perjuangan mereka luar biasa, tak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan, namun mereka ikhlas menjalaninya.

Mereka di tempatkan di Pulau Bawean, namun mereka terpisah. Memang sih satu pulau, kelihatan dekat gitu, tapi jangan salah, sinyal hape itu tidak ada, jalanan menuju rumah satu sama lain begitu terjal, fasilitas serba terbatas. Memang seperti hidup di daerah terpencil.

Di sana tuh, saya punya orang tua, kakek nenek, yang hanya bisa berbahasa bawean, jadi kalau berkomunikasi pasti saya bawa anak-anak sebagai translator,” cerita salah satu dari mereka.

Walau di sana kondisi listriknya terbatas, tapi di sana bintang-bintang di langit tuh indah banget,” cerita Pengajar Muda lainnya.

Kalau saya menyalakan laptop, adik-adik saya dan para tetangganya terancam tidak bisa menonton TV,” cerita lainnya.

Kalau saya beda sama mereka, saya berkecukupan, tapi kondisi sekolahnya miris, atapnya bocor, kalau hujan sekolah diliburkan,” katanya lagi.

Satu kesimpulan, aku pribadi harus banyak pelajaran dari mereka tentang keikhlasan, ketulusan dan sebuah pengabdian. Aku harus banyak-banyak bersyukur dengan keadaan yang aku dapat sekarang, ternyata di kota kelahiranku masih ada daerah seperti itu.

Bentuk kongkrit dari tekad kami untuk membantu mereka adalah penggalan buku-buku bekas yang kriteria dan rules nya bisa dibaca dipostingan sebelum ini.

One thought on “Pengabdian, Ketulusan dan Keikhlasan

  1. SAYA ADALAH ASLI ORANG BAWEAN YANG SEKARANG DI PERANTAUAN DI KALIMANTAN, SAYA SEORANG PNS DI KABUPATEN SERUYAN TEPATNYA DI KANTOR SEKRETARIAT DAERAH, PENGABDIAN ADALAH ADALAH PENGORBANAN YG SANGAT MULIA, SAYA SALUT DAN BANGGA DG PENGABDIAN ANDA,,,JANGAN MENYERAH TUK ITU TRIMS…..

Balas Komentar Ini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s