Cerita dari Java Jazz Festival 2013

3 03 2013

Berikut ini akan saya sajikan proses perjalanan saya saat Java Jazz 2013 kemarin, simak yaaa…🙂

Persiapan Keberangkatan

JJF2013

JJF2013

Java Jazz 2013 berlangsung tanggal 1 – 3 Maret 2013 ini, saya sudah berencana datang sejak jauh-jauh hari, termasuk cari tiket yang tidak beli langsung online, tapi lewat seorang yang berjualan di sosmed, hal ini lumrah ketika saat-saat JJF atau Soulnation, Saya beli waktu itu dari orang Jakarta dengan harga separuh lebih dikit dari harga asli, eh gak taunya orang itu satu daerah sama saya, KTPnya adalah kota lahir saya, hehehee…

Saya memplot tanggal 1 Maret memang untuk nonton Java Jazz 2013 ini, segala persiapan saya lakukan, cari tiket, cari barengan, cari tau rute, izin cuti kerjaan, hingga sedetail potong rambut, hahaaa niat banget saya mah! Saya mengkhususkan datang jauh-jauh dari Bandung ke JIExpo Kemayoran hanya untuk melihat penampilan Raisa. Kenapa niat bangettt?? karena saya yakin, sekelas Java Jazz pasti ada kejutan yang disajikan oleh Raisa yang tidak akan pernah kita dapatkan di perform biasa, ini juga pasti berlaku bagi musisi lainnya, pasti ada sesuatu yang spesial dalam performnya, dan benar! Java Jazz menyisakan cerita seru bagi saya pribadi, perjalanan pulang-pergi Bandung – Jakarta – Bandung terbayar puas dengan performa Raisa yang luar biasa cetar membahana badaiiiiiii….!!

Travel yang Simpang Siur

Waktu itu saya bingung ke sana naik travel apa, di Citytrans ternyata ada paket Java Jazz, saya mencoba melobby bisakah saya pesen perjalanan tanpa tiket? ternyata gak bisa. Akhirnya saya pesen Cipaganti Pulang Pergi sekaligus pada H-1. Asumsi keberangkatan dari Bandung habis Jumatan, dan balik lagi ke Bandung pada jam paling malam.

Sesampai di Mangga Dua, saya langsung makan, karena memang dari pagi perut belum keisi nih. Pas lagi enak-enaknya makan tiba-tiba ada telepon dari Cipaganti, ngasih tau kalau kebernagkatan dari Mangga Dua ke BTC pada jam 20.45 dibatalkan karena armadanya mengalami kecelakaan, busyeeeeeet saya pulangnya bagaimana nanti? Saya gak mau mikir dulu, karena waktu itu memang lagi makan, selesai makan akhirnya saya ingat kata mas ihsan, atasan saya di kantor yang memang sering melakukan travelling ke Jakarta – Bandung, “kalau dari Jakarta malam-malam bingung ke Bandung, ke Kartika Chandra saja, di situ ada travel yang ke Bandung sampai malam,” dari situ saya agak lega dan agak tenang.

Walaupun bisa dibilang saya nggak jelas pulangnya bagaimana, tapi tetep pede saja, dan langsung berangkat ke JIExpo naik taksi, tepat di sana jam 4 sore lebih, sambil menunggu teman-teman yang janjian sebelumnya datang. Kayaknya ini saya yang terlalu semangat ya? kebetulan kayaknya juga baru buka, namun calo sudah berkeliaran! “Lebih? Lebih? saya bayar mahal boss,” gitu katanya.

Detik-Detik Menuju Perform

Di setiap nonton Raisa, saya sudah pasti ketemu teman-teman baru, yang awalnya kenal di dunia maya, lalu kopdar nonton bareng, atau yang awalnya tidak saling tau sama sekali, tiba-tiba kenal gitu saja dan cukup akrab. Itulah kelebihan dari jalinan pertemanan seperti ini, yang awalnya kenal atau mempunyai satu kesamaan dari YourRaisa, tak sulit untuk saling mengakrabkan diri. Di sini saya bertemu Chaca dari Jakarta dan Ridwan dari Tangerang. Saya juga janjian sama Anisa Bekasi dan Stefani Tangerang serta Rio dan Arief yang sebelumnya sempet ketemu di Soulnation.

Saya pertama ketemu Chacha, saya tau dia dari Twitter. Awalnya dia tau saya dari channel YouTube saya, kemudian menyapa saya di Twitter dan saling berkenalan. Saya sama Chacha lumayan lama menunggu yang lain. Sambil menunggu saya dan Chacha beli merchandise. Chacha beli satu dan saya beli satu, dan titipan teman-teman juga, hehe ini baju yang dijual di Java jazz 2013 nih, di booth Official Artist Merchandise, harganya 150ribu untuk model cowok (tersedia ukuran S, M. L. XL) dan 160ribu untuk yang model cewek ini (ukuran all size)

Official Merchandise

Official Merchandise

Saya sama Chacha langsung menuju BNI Hall, tempat Raisa akan manggung nanti. Di dalam sudah perform Maliq, dan di dalam juga sudah ada si Arif dan Rio. Sementara saya dan Chacha menunggu yang lain di luar gedung ini.

Sampai jam 5, si Stefani belum juga datang. Saya telepon kan buat memastikan keberadaannya, tapi telepon gak diangkat. Tiba-tiba pas lagi telepon lagi, ada yang mencolek saya, saya tolah-toleh, ternyata ada cewek denagn rambut diikat tersenyum dan mengangkat alisnya dan kepalanya (tanda menyapa) ke saya, saya sempet gak ngeh. Di belakang dia ada Security mengawal, 1 detik, 2 detik, 3 detik baru ngeh kalau itu Raisa! Langsung saya kasih tau si Chacha, “Ca, Ca itu Yaya Ca,”

“Hah, mana-mana?”

“Itu,” saya menunjuk arah Yaya.

Saya dan Chacha speechless saja di sana, mau nyamperin ya gimana, diam juga gimana, cuman bisa saling pandang dan tertawa, hahaa.. busyet dah! batin saya, mimpi apa saya semalam dicolek Raisa, jujur masih ketawa-tawa sendiri gitu kalau di ingat-ingat sampai sekarang. Walau hanya seberapa detik ketemu, namun justru dengan cara yang seperti ini bikin berkesan sekali, hahahaa gokil! Lebay banget saya ini.. tapi beneran cantik banget tadi sepintas, rambut diikat, pantes pangling…

Tak lama si Stefani datang, dia bawa si Ridwan Asckar dari Tangerang juga. Jadi kita pun kumpul berempat, dan tak lama ada Keenan dan Om Alan, cowok dan ayahnya Raisa, si Stepani dan Chacha heboh dan minta foto bareng sama Keenan, gokil mereka :)) Tak seberapa lama setelah itu perform Raisa mau dimulai, kami berempat merapat ke panggung, lalu ada si Arif dan Rio yang tiba-tiba nongol dari belakang, hahahaaa…

Great Perform from Raisa at Java Jazz 2013

Inilah gunanya, kenapa perform seperti ini lebih nikmat dan asyik jika ditonton bareng-bareng. Apalagi yang jarang ketemu seperti mereka-mereka ini, Satu persatu Raisa menyanyikan hits singlenya. awalnya Pergilah, kebetulan kemarin juga single Pergilah baru keluar klipnya di Hai-Online jam 4 sore. Kemudian satu persatu dinyanyikan singlenya seperti Firasat, Melangkah, Could it Be, Serba Salah dan tak ketinggalan Apalah Arti Menunggu yang sukses membuat galau seisi gedung, luar biasa!

Raisa di Java Jazz 2013

Raisa di Java Jazz 2013

Raisa - Apalah Arti Menunggu

Raisa – Apalah Arti Menunggu

Yang menarik dari performa Raisa adalah kehadiran Tulus dan Be3. Keduanya datang secara khusus sebagai ‘tamu’ dari perform Raisa malam itu. Yang paling memukau menurut saya adalah saat Raisa dan Tulus menyanyikan lagu a Whole New World, kita tau sendiri ini adalah lagu pertama yang dinyanyikan oleh Raisa, pastinya wow banget! sebagai bukti ini video rekaman dari saya yang sudah saya upload di YouTube

Ada 11 lagu Raisa bawakan dengan apik, semua penonton puas, bahkan saya pribadi merasa, “kok cepet sih??”. Saya, Stepi, Ridwan Askar dan Chacha memilih untuk keluar gedung, sementara si Rio dan Arief menonton perform setelah ini di gedung yang sama.

Nggak Sadar Belum Makan, Tapi Tiba-Tiba Kenyang

Keluar dari gedung, kita berjalan gak tau arah dan tujuan. Sepanjang perjalanan masih banyak dan gak bosan-bosannya mbak-mbak SPG menawarkan rokok, “15ribu dua, 15ribu dua….” atau pasukan berwarna orange, “mas sudah punya kartu kredit??? punya tabungan??” Hahahaaa… Akhirnya terpaku duduk di suatu tempat.

“Eh, makan yuk,”  ajak si Ridwan Asckar

“Iya, laper nih dari tadi belum makan,” Chacha mengiyakan.

“Punya cash nggak, di sini katanya pake kartu,” kata Stepani.

Dengan pedenya kami berempat mencari-cari food court di JIExpo malam itu, muter-muter ke sana kemari, kita berempat mencari makanan atau paling gak air putih lah, tapi yang ditawarkan minuman bersoda dan tetep rokok 15ribu dua dan karti kredit, hehehe… Akhirnya kami menemukan satu sudut restoran di dekat patung Bung Karno. Kami langsung duduk dan meminta pelayan menu, dan jeng jeng jeng……

Si Stepani yang pertama lihat menu, dia tersenyum meringis, kemudian Chacha, dia memandang Stepani lalu ikutan tersenyum, karena penasaran saya sama Ridwan Askar melihat menu tersebut dan ikutan saling pandang, kemudian nyengir.

“Kok tiba-tiba langsung kenyang yaa?” kata Ridwan Askar.

“Iya sama, pesen minum saja dulu deh,” sahut Stepani.

Ya taulah.. ada alasan khusus kenapa kita hanya pesen minuman doang, karena jam setengah 9 mau ada Meet and Greet Raisa di Booth Disctarra dan alasan lainnya adalah makanannya mahal! serius men, mahal! gado-gado saja 40ribu, itu paling murah! ya gimana ya, maklum kami berempat belum pernah kayak gini. Akhirnya kami pesen minuman saja, dan itupun tidak dihabiskan karena tergesa-gesa menuju Booth Disctarra untuk MnG Raisa.

Akhir dari Java Jazz 2013

Di Booth Java Jazz kita sudah berkumpul enam orang lagi. Namun setelah ditunggu-tunggu katanya MnG dicancel besoknya, ya belum rejeki nih buat ketemu langsung sama Raisa. Dan kita jadinya berkeliling lagi ke JIExpo, foto-foto, sign-in, dan sempat santai-santai di sudut venue. Kami tertawa terbahak-bahak ketika menemukan Food Court, di sudut JIExpo yang lain.

“Duh kenapa nggak ke sana tadi,” sesal Chacha

“Hahahaa.. iya, tapi ya sudahlah buat pelajaran tahun depan saja,” kata Stepani.

Akhirnya si Stepani pulang sama Ridwan Asckar ke Tangerang langsung, begitu juga dengan Arief dan Rio. Si Chacha yang kebetulan warga Jakarta dijemput oleh keluarganya, dan saya? Hahaaa… gak tau kenapa di saat yang genting  saat-saat itu, di mana saya gak tau pulang bagaimana, padahal sudah menunjukkan lebih dari jam 9 malam tiba-tiba dapat ilham. Nah, di luar gedung ada tukang ojek, langsung saya melakukan tawar-menawar untuk langsung ke Kartika Chandra, dan deal pada satu harga!

Di perjalanan saya ajak ngobrol abang tukang ojek tersebut, awalnya obrolan soal banjir, kemudian saya curhat karena gak tau pulang ke Bandung naik apa, awalnya si abang tukang ojek mengira kalau saya ke Kartika Chandra Hotel buat check out, saya pun menjelaskan kondisi sebenarnya. Si abang tukang ojek sendiri akhirnya mencarikan travel yang terdekat, beberapa travel sudah tutup atau tidak ada keberangkatan dan Alhamdulillah di Blora-Bumi ada travel X-Trans dan ada keberangkatan ke Bandung tepat pukul 10 malam ini, sekitar 10 menit sebelum keberangkatan saya sampai di X-Trans Bhumi Blora.

Kurang lebih jam 2 malam saya sampai dengan selamat di Bandung, Alhamdulillah… One day trip kali ini bener-bener seru! Kami yang nonton bareng tadi bersiap kembali ketemu di event Java Soulnation 2013, amien🙂

Twitter

-end-


Aksi

Information

Balas Komentar Ini

