Behind the Scenes: PakdeKrum Channel on YouTube

1 09 2013

videoPostingan sekarang saya mau bercerita tentang dibalik akun YouTube yang saya kelola, yakni PakdeKrum. Saya punya akun itu sejak tanggal 2 Mei 2010. Saya bikin akun itu untuk upload video performance dari Gabriel waktu perform di Malang. Setelah itu sampe 1 tahun kemudian, tidak banyak video yang saya upload, karena saya tidak ada materi yang cukup.

Saat kuliah, saya sudah suka dengan dokumentasi-mendokumentasikan sesuatu dalam bentuk video, lalu saya edit dan saya koleksi di komputer saya. Waktu itu saya hanya bermodal kamera digital (punya teman) dan “korban dokumentasi”-kan itu adalah teman-teman kuliah saya. Ada banyak video yang sudah saya buat, tapi videonya sampai sekarang ini masih tersimpan di harddisk komputer saya, entah bagaimana nasib komputer saya sekarang, rusak mungkin 😦

Perpindahan saya ke Bandung beberapa tahun lalu, kerjaan saya juga mendukung untuk mengembangkan akun YouTube saya. Mulai dari handycam hingga akses internet yang super kenceng. Dan Alhamdulillah, dari kerjaan sampingan saya bisa beli handycam sendiri. Waktu itu saya tidak ada rencana membelinya dulu, namun ketika jalan-jalan di BEC yang niatnya beli Tablet, jadi belok rencana beli handycam karena menurut saya pribadi hancycam lebih dibutuhkan oleh saya.

Nama PakdeKrum sendiri sebenarnya saya ambil dari dua kata, Pakde dan Krum. Pakde itu adalah panggilan akrab saya dulu oleh teman-teman saya, mungkin karena saya sosok yang didewasakan 😛 dan Krum adalah karakter dalam film Harry Potter, Viktor Krum. Saya suka karena dia berhasil mengajak Hermione dansa di film Harry Potter ke-4, hahahaaa…

views

Dari 300 video yang sudah saya upload, mayoritas memang tentang Raisa, bahkan 50% dari top 10 video all time juga tentang Raisa. Hmmm saya juga membeli handycam itu juga karena ingin selalu mendokumentasikan perform Raisa di manapun berada selama saya memungkinkan untuk datang. Dan saya gak niat apapun untuk ini, tidak ingin menambahkan addsense atau apa di akun YouTube yang menguntungkan saya pribadi, karena saya yakin juga jika saya ajukan ke Google pasti terhalang copyright 😛 semua saya lakukan tulus ikhlas dan gak mengharapkan apa-apa. Pernah saya ditawari apakah mau jual akun YouTube saya apa enggak, lumayan sih, jutaan harganya, tapi saya belum kepikiran untuk menjualnya, dan sepertinya gak akan. Mentok akun ini akan saya wariskan pada seseorang suatu saat nanti, hehee

Sebelum dipenuhi oleh Raisa, sebagian video tentang Korea, tentang K-Pop lebih tepatnya dan hal-hal yang gak jauh-jauh dari Girls Generation atau SNSD. Nah, selanjutnya mulai lah dengan Raisa hingga sekarang. Ada lho yang rela memberikan koleksi video tentang Raisa ke saya untuk diupload ke YouTube, dia lah Mbak Layla. Thanks ya Mbaaak 🙂

Saya nggak mempermasalahkan berapa view di video saya, karena yang terpenting itu adalah ketika video dilihat lagi beberapa bulan atau tahun kemudian, maka seketika itu pula memori pada saat itu merekam video itu muncul, harus diakui perjalanan dalam menyaksikan perform Raisa di manapun berada pasti menyimpan cerita tersendiri.

Saya pernah lihat perform Raisa di Surabaya, ini saya sengaja mencocokkan jadwal cuti saya di kantor bersamaan dengan Raisa manggung di Surabaya. Saya pernah lihat dia juga di Semarang, ini cukup menghebohkan karena naik motor perjalanan malam dari Bandung ke Semarang sama Ilyas, temen kantor saya. Untuk perform yang di Jakarta juga terbilang sering, kini juga punya temen2 yang mau diajak gila-gilaan kayak gini. Dan untuk perform bu boss yang terkahir ketika postingan ini ditulis adalah di Saka Bistro, Bandung (30/08). Walaupun di Bandung sendiri, tapi ini beda karena beli paket dinner yang lumayan mahal dan satu yang spesial adalah kunjungan dari Ridwan dan Abi dari Jakarta.

Hahahaa, dari awal sudah agak direpotkan dengan tidak tau arah ke sana, nyasar, ketinggalan dan hujan begitu deras di lawan. Akhirnya pada saat makan malam di Saka, sebagian celana teman-teman basah, sepatu juga. Makan enak, tapi dalam kondisi basah-basah kayak gitu pasti rasanya gak ngenakin. Tapi itu semua terobati dengan perform Raisa yang sangat eksklusif.

video1

Kembali lagi ke akun YouTube saya, saya terus akan menambah dan menambah koleksi video saya, entah rekaman dari televisi ataupun rekaman dari handycam saya. Alhamdulillah jika teman-teman suka dan merasa akun itu berguna, Saya ingat sekali kata Raisa pada acara Music Everywhere, “YouTube itu window of oppurtunity” semua orang di dunia bisa melihat kita, ini beda lho dengan sekedar album yang dijual walau di situs resmi sekalipun, lewat YouTube, orang bisa melihat performance secara keseluruhan.

Kedepan saya selagi bisa akan terus menambah dan menambah koleksi video, terutama tentang Raisa. Lantas, apa yang saya dapatkan dari sini? Jujur, dari awal saya gak mengharapkan apa-apa, tapi yang saya dapatkan dari sini adalah sebuah jalinan silaturahim di antara teman-teman yang lain. Sebagian memang saya mengenal fans Raisa dari akun twitter, dan di situ juga mulanya mereka tau dari YouTube duluan. Sebagian di antara mereka dekat sama saya, mereka juga bukan orang lain bagi saya, mereka sudah seperti saudara sendiri. Bahkan saya dipanggil mereka dengan nama Sensei, karena satu dan lain hal yang tidak mungkin banget saya ceritakan di sini, jadi gak heran jika ketemu pasti heboh dan saling ngebully satu sama lain, hahaaa… Tapi, jika ditanya impian saya selanjutanya, saya dengan yakin menjawab ingin menjadikan akun YouTube saya video album dokumentasi dan saksi karir seorang Raisa. Saya juga ingin terlibat dalam proses pembuatan klip Raisa. hehehee…


Aksi

Information

Balas Komentar Ini

