Tips dan Cara Menghafal Al Quran dengan Mudah dan Cepat

28 02 2014

Apakah kamu ingin menghafal Al Quran? jadi hafiz (penghafal Quran) pasti jadi cita-cita, saya mau memberikan tips dan cara menghafal Al Quran dengan cepat dan mudah, dan murah, asalkan niat dalam hati sudah bulat ya.

Ada mitos bahwa penghafal Al Quran hanya orang tertentu saja, hanya lulusan pesantren, dan lainnya. Ada juga alasan belum mau menjadi penghafal Al Quran karena dirinya sudah tua, mudah lupa, bahkan masih kecil jadi susah menghafal,  tidak punya ustadz, hingga tidak ada waktu untuk menghafal Al Quran.

Banyak manfaat ketika kita hafal Al Quran, di antaranya adalah kamu bisa lebih berkonsentrasi, ini bisa kamu implementasikan saat bekerja dengan fokus. Menghafal Al Quran bisa membuat kamu lebih berdisiplin lagi, juga menstimulus kecerdasan otak, terhindar dari kepikunan, memahami lebih dalam tentang Al Quran, dan tentu manfaat pahala dan syafaat juga bisa kamu dapatkan.

hafizhs

Menghafal AL Quran juga bisa menjaga diri dari perbuatan maksiat, yang saya maksudkan di sini adalah kita akan menghindarkan diri dari perbuatan yang membuat kita melupakan hafalan Al Quran, konon seringnya kita berbuat maksiat bisa membuat kita lupa, termasuk hafalan Quran.

Saya tau sih, kapasitas saya di sini yang masih mau belajar menghafal Quran belum bisa share banyak, karena hafalan Quran saya hanya terbatas dalam surat-surat tertentu. Tapi saya mau berbagi nih bagaimana tipis dan cara menghafal Al Quran dengan baik, sekali lagi asal ada niat dalam hati, konsisten dan istiqamah.

1. Dulu waktu kuliah saya ada kegiatan Liqo’, Khalaqah, Mentoring. Berkelompok sekitar paling banyak 8 orang dan satu Mentor, tiap Minggu bertemu membahas satu topik keagamaan, dan di sini saya juga menghafal Al Quran, dulu dapat An Naba’.

2. Dari kecil saya terbiasa membaca Surat Yasin tiap malam Jumat, membaca surat-Surat pendek tiap mau tidur. Dari sini juga bisa memudahkan kita menghafal Quran.

3. Kebiasaan kita sewaktu kerja, kuliah, browsing, pokoknya pas waktu2 tertentu kita selalu memperdengarkan musik di hape kita, kita gunakan EarPhone memainkan lagu kesukaan kita, kebiasaan seperti itu kita mulai ubah dengan memperdengarkan Quran, jadikan sebagai kebiasaan, dari sini kita bisa mulai menghafal, seperti telinga kita yang mudah menghafal ketika terus2an dijejali lagu.

4. Dengan bantuan software atau aplikasi baik dalam smartphone atau PC. Tapi sekarang lebih praktis smarphone dong. Di PlayStore atau iTunes sudah banyak lho aplikasi Quran digital, namun hanya satu aplikasi yang dikhususkan menghafal Quran, yakni Hafizh – Quran Memorization Tools.  Selengkapnya mengenai aplikasi ini, Anda bisa lihat di sini.

Jika ingin tau soal Hafizh lebih dalam, videonya sudah ada di YouTube, kamu bisa lihat bagaimana cara aplikasi ini bekerja, semoga bermanfaat.


Aksi

Information

8 responses

10 08 2014
be jo

mantap y pak..

23 10 2014
sari

Good

28 10 2014
Hamidah Adawiyah

bagus..

14 11 2014
Muhammad risya muttaqi

Saya setuju banget dengan cara mendengarkan lagu diganti menjadi mendengarkan tartilan…
Karna dengan cara tersebut sudah menjadi kebiasaan kita mendengarkan apa yg kita dengar…

23 12 2014
Oqizor rutadiaz

Di coba

21 06 2015
Tamu

Terimakasih infonya. Saya juga menemukan tautan yg serupa mengenai teknik menghafal ayat Quran selayaknya menghafalkan lagu: https://hafalayat.wordpress.com/2013/12/13/hafal-ayat-quran/

6 01 2016
IQBAL WIDIANTO

Aku Ingin Sekali Menghafal Surat Surat G Mna ?? G Mna Cara Nya Pa Ustad Agar Bisa Hafal Surat Dan Ayat ayat

15 05 2016
peng hafal al-quran

wah keren nih software .. sepertinya jika seperti ini kita telah menemukan cara mudah menghafal al-quran .. akan semakin bayak generasi yang bisa hafal al-quran dengan mudah

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: