Tips Jualan Online Mudah untuk Pemula

8 09 2015

Ada yang bilang, kalau sekarang zamannya serba online. Semua kegiatan, misalnya berinteraksi dengan orang, rapat, hingga jual beli pun bisa kita lakukan secara online. Kita sebagai manusia yang hidup pada zaman sekarang mau tidak mau harus mengikuti perkembangan teknologi ini.

Salah satu aktivitas yang sekarang dilakukan secara online adalah jual beli. Saya sendiri termasuk pelaku bisnis online ini, pernah sebagai pembeli online dan pernah juga sebagai penjual barang. Pada postingan ini saya mau berbagai pengalaman dan tips jualan online dulu saja ya.

Sejak tahun 2010, saya berkecimpung dalam bisnis ini. Cerita awalnya saya mencari sweater Harry Potter, tetapi nggak ada satupun yang jual, kecuali di ebay. Wuih, bayangin saja di ebay, saya nggak kuat ongkos kirimnya dan saya nggak tau bagaimana prosedurnya kala itu. Akhirnya dengan modal seadanya, kemampuan seadanya, dan sedikit keberanian, saya berani membuat sweater sendiri dan mengajak orang lain untuk pre order lewat saya melalui Twitter.

Alhamdulillah, sejak saat itu, saya menjadi yang pertama yang memproduski sweater Harry Potter di Indonesia. Selama 5 tahun ke belakang ini pun saya masih sering mendapat pesanan ini, mungkin ini karena kekuatan pemasaran online yang saya bentuk sejak 5 tahun yang lalu.

Dari pengalaman saya di atas, saya bisa menyimpulkan beberapa hal untuk pemasaran jualan online, sebagai berikut:

1. Landing Page. Landing Page ini adalah sebuah website atau blog. Tempat di mana semua produk kamu terpampang di sini lengkap dengan deskripsi dan harga sehingga calon pembeli tau benar produk yang kamu tawarkan. Jangan lupa cantumkan kontakmu agar pembeli yang berminat bisa lansung menguhubungi kamu.

2. Sosial Media. Sosial media bisa menjadi sarana untuk memperluas pemasaran. Kamu bisa meraih orang-orang di luar sana untuk diperkenalkan dengan produk kamu. Sering-seringlah mengisi sosial media yang nggak melulu jualan, kamu bisa isi tips atau update berita terkini agar orang lebi mudah follow kamu. Sosial media yang cukup efektif adalah Twitter, Fanpage Facebook, YoTube, Pinterest dan Instagram.

3. Marketplace. Kamu bisa memajang atau menggelar daganganmu di marketplace seperti Bukalapak.com. Situs Bukalapak sudah terkenal dan terpercaya, tidak ada salahnya kamu bisa sedikit ‘menaikkan reputasi’mu lewat Bukalapak. Jangan lupa ikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku di sana.

4. Pelayanan. Yang terpenting dari semua itu adalah memberikan pelayanan yang terbaik bagi calon pelanggan kamu. Sabar menjelaskan kepada pelanggan yang bertanya atau bahkan bawel. Segera kirim barang jika pelanggan sudah mentransfer dan segera infomasikan nomor resinya. Jangan lupa meminta pelanggan untuk memberikan testimoni.

5. Promosi. Selalu promosi produk-produkmu ke sosial media datau saluran offline lainnya. Bagaimanapun ini tetap perlu, produk segedhe Indomie Goreng saja tetap melakukan promosi, walau tanpa promosi sekalipun kita tetep tau produk tersebut.

Itulah tips jualan online dari saya, semoga bermanfaat. Yang penting di sini adalah jangan takut untuk mencoba, jadikan pengalaman kamu jualan online sebagai hal yang memacu kamu untuk meningkatkan omset


Aksi

Information

2 responses

4 06 2016
Fantasy Giver

halo, mas hasan junaidi.

saya habis browsing-browsing buat nyari merchandise hp, terus ketemu blog mas yang gravioli itu… terus keliatan udah lama ditinggal, saya coba cari-cari lagi, akhirnya ketemu blog ini. cuma mau nanya, masih produksi kah sweater hp-nya sampai sekarang? makasih.

4 06 2016
Fantasy Giver

eh, maaf, maksud saya gravinton.

Balas Komentar Ini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: