Ceritaku · Kabar Terkini

Cara Mengganti SIM Card yang Rusak dengan Nomor yang Sama (Indosat)

Hari Rabu (10/04) kemarin menyisakan satu kesialan pada saya, seharian saya fokus di meja kerja, gak megang handphone sama sekali. Baru pas sore jam 4an, saya berniat ngecharge handphone sony warna putih kesayangan itu, namun saya kaget bergitu ada notifikasi “SIM Card not Allowed,”. Berarti ada yang salah pada SIM Card atau handphone saya itu. Saya was-was, ada dua kemungkinan, handphone yang rusak, atau SIM Card yang rusak, kalau boleh milih lebih baik SIM Card yang rusak daripada handphone yang rusak.

Saya periksa mencoba memasukkan kembali SIM Card, namun tetep Not Allowed, saya ganti kartu SIM lain di handphone saya, ternyata kedetect. Untuk meyakinkan lagi, saya pun memasukkan SIM Card saya yang rusak itu ke handphone lain, dan ternyata gak bisa. Kesimpulannya SIM Card saya rusak. Saya sebenarnya tidak bingung karena pernah mengalami hal serupa beberapa tahun lalu yang bisa kamu baca di sini.

(BLOG)_DISKON_INDOSAT_APR_640x480

Semua orang yang mengalami seperti saya ini, pasti ingin nomornya kembali, apalagi nomor handphone tersebut sudah lama dan teman-teman kamu taunya kamu dengan nomor itu, pokoknya gakpernah ganti nomor dan sudah cinta mati sama nomor itu, terlebih juga bagi yang memiliki toko online buat nomor jual beli, t5entu ini hal yang urgent. Pokoknya mah bagaimana walaupun SIM Card rusak, namun bisa diganti dengan nomor yang sama, nah di sini saya punya solusinya.

Nomor saya yang belakangnya 2040 sudah sejak tahun 2005, saya pelanggan Indosat sudah sejak lama, karena Indosat murah dan belum pernah mengalami hal-hal buruk dengan operator pernah menggaet Raisa sebagai brand Ambassador ini. Kadang ada yang bilang gini pada saya, “kamu pake Indosat gara-gara Raisa ya?” Oh sorry, saya pelanggan Indosat sejak lama. Kalau itu, saya minum Nescafe mem ang karena Raisa, awalnya kopi saya merk lain heheee.

Kembali ke persoalan tadi, pusingnya saya waktu itu adalah jam setengah 5, sementara jam kantor biasanya sampai jam 5. Kalaupun saya harus mengurusi SIM Card saya yang rusak, saya harus menunggu besok dong? Saya pun ngetwit ke @IndosatJabar dan @IndosatCare, mereka cepet sekali merespon twit saya, mereka mengatakan datang saja ke gerai Indosat yang di Dukomsel, Bandung yang buka hingga jam 7 malam, weekend pun tetap buka.

Tak perlu pikir panjang lagi, saya pun pergi ke Gerai Indosat di Dukomsel lantai 2, Pak Satpam menyambut dan memberi saya nomor antrian. Tak perlu menunggu lama, waktu itu saya nomor 133, sementara yang sedang dilayani nomor 125, berarti ada 7 antrian lagi dari 4 meja Customer Service yang ada. Selama antri di Dukomsel saya cukup nyaman, karena tempatnya cukup memadai, selain itu juga ada backgruound musik lagunya Raisa, sumpah ini demi Allah bukan lebay atau mengada-ada, tapi benar adanya.

Tiba giliran saya, saya ke meja Customer Service nomor 5 dengan Teh Bella (saya tau namanya karena melihat name tag yang ada di mejanya). Saya cerita kalau SIM Card saya rusak, saya diminta kartu identitas dan diminta menyebutkan nomor saya yang SIM Cardnya rusak, Teh Bella memandangi monitor, mungkin mencocokkan data saya yangsata daftarkan ke nomor 4444 dengan KTP saya. Dia memberikan saya formulir dan diminta mengisi data, nama, alamat, nomor yang rusak, nomor KTP dan tanda tangan.

“Ini tadi saya gak ngapa-ngapain handphone saya, tiba-tiba saja nomor SIM card saya gak kebaca, itu kenapa, Teh? tanya saya.

“Oh itu karena memang kartunya sudah rusak, a’.. Kebetulan yang saya lihat di data kami, nomor aa’ ini sudah 5 tahun gak diganti, jadi memang sekarang sudah waktunya ganti,” jelasnya.

SIM Card ternyata tak hanya bisa rusak karena sering diganti dan dicopot dari handphone, kebaret, masuk ke air, pecah, patah, tapi bisa juga karena expired, seperti makanan yang sudah kadaluarsa. Tapi kita bisa klaim nomor Indosat kita yang lama yang SIM Card-nya rusak dengan nomor yang lama dengan membawa KTP identitas atau kemasan nomor perdana nomor kita dulu, dan tidak boleh diwakilkan!

Tak lebih dari 15 menit pelayanannya, saya sudah mendapatkan nomor lama saya dengan SIM Card yang baru, cepeat sekali, nomornya pun langsung aktif, pulsa juga utuh, paketan Internet atau paketan tetap aktif, iring juga aktif, satu lagi GRATIS, pokoknya gak ada yang berubah dengan nomor kita, yang berubah hanya SIM Cardnya baru. Lalu, bagaimana data-data yang ada di SIM Card saya? Alhamdulillah saya sebelumnya sudah mem-back up nya ke Telepon, jadi tidak perlu khawatir. Customer Service Indosat pun akan melakukan back up terlebih dahulu kartu SIM Card lama kamu ke yang baru, bisa tidaknya tergantung tingkat kerusakan kartumu, kadang bisa diselamatkan, kadang juga tidak bisa.

Terima kasih kepada Indosat, pelayanannya memuaskan dan sangat cepat sekali. Indosat memang operator kesayangan saya, I love you, Indosat :*

31 thoughts on “Cara Mengganti SIM Card yang Rusak dengan Nomor yang Sama (Indosat)

  1. sy pengalaman ngga enak mas. Ini gara2 waktu daptar sy pake nama n alamat ngawur. baru sadar saat datang ke gerai indosat. Dtanyaain KTP and sebutin 5 nomer terakhir yg sering kontak ma ane. Ane bisa jawab semua tp gagal gara2 nama yg terdaftar tdk sama dengan nama sy. ..

  2. saya juga mengalami problem yang sama dengan kartu indosat saya, semoga pengalaman anda menjadi jalan buat saya

      1. Kartu sim saya rusak, didalamnya Ada saldo pulsa yang masih banyak sayang ngga terjual, katanya bisa diparalel temen says ngasih tau caranya tapi tetep tidak Ada balasan juga. Say sudah ganti kartu perdana ingin saldo yang Ada dikartu itu pindah ke no saya yang baru. Mohon kasih solusinya mas:))

  3. pesan orng2 yg ngirim kekita bisa kebaca ngak , masalh nya kartu saaya rusak terus pastikan temen2 dulu ada ngirim pesan , nah itu bisa di baca ngak
    di indosatcare ?

  4. Apa bisa klao ganti kartu indosat lama dengan kartu indosat yg batu tetapi nomor pake yang lama dan paketan internetnya tetap sama sesuai dengan paketan kartu sim yg lama ?

  5. Saya sangat kecewa dngn pelayanan indosat..saya minta pergantian kartu im3 dinomer yg sama dikarenakan kartu saya kuningannya sudah mau rusak. Sampai dsn sy di beri kartu baru dngn syarat bahwa kartunya akan baru bisa dipakai setelah kartu lama tersebut sudah tidak ada sinyal sama sekali. Alhasil sekarang kartu saya sudah rusak dan patah namun kartu baru yang suya dapat juga blm bs terpakai dan selalu muncul tulisan mohon tunggu untuk pengaktivasi .saya tunggu sampai berhari namun tidak bisa juga. Apa sebenarnya maksudny? Kenapa tidak lngsung di ganti dan dipakai dngn yg baru ? Dan kenapa harus menunggu sampai rusak? Tolong jawab ..sungguh ini merugikan waktu dan sungguh memalukan provider anda!! Saya mohon konfirmasi ke Email saya :fauzul588@yahoo.com / pin: 5ACAA9A1. Karna nomor tsb sudah 6thun sy gunakan dan tetap setia dlm memakainya. Trima kasih

    1. Sama..sy jg kecewa dgn indosat im3..sebagai konsumen sy kecewa bgt..krn pengalaman sy dgn mas fauzul sm..klo indosat tidak memperdulikan konsumen..mgkn nantinya bs Bangkrut.

  6. aku juga ganti sim card im3 ku. Pelayan indosat bilang kartu akan aktif setelah 1 jam. namun kenyataannya berjam-jam sim card saya tetap “mohon tunggu kartu Anda dalam pengaktivasian”. Saya kecewa sebagai pelanggan setia indosat

  7. Infonya untuk grai indosat daerah kalianda lampung selatan.. .. Saya sudah 6 tahun pake kartu indosat. Eh ini malah rusak kartunya

  8. Udh dapet kartu indosat yg baru tapi diaktifin suruh tunggu 1 jam. Udh lewat 1 jam saya coba aktifkan di hp saya, belum juga kebaca

  9. Trima kasih informasinya, sangt membantu,.
    Untuk nomor tlp yg kesimpen d kartu apa msih bsa kmbali lagi stelah ganti d ganti dg kartu baru?

Balas Komentar Ini